blank
Petugas Dinkes Kebumen mengambil sampel mata air dari hutan di Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar, baru-baru ini,(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 37 warga di Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, terkena bakteri E-coli dengan gejala diare akut.

Kasus tersebut telah ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen, dan kini semua telah dinyatakan sembuh.

Guna memastikan bakteri itu tidak menyebar lagi ke warga masyarakat, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto langsung memimpin rapat penanganan bakteri E-coli di Balai Desa Giripurno bersama, Dinkes, Dinas PUPR, BPBD, PDAM, aparatur kecamatan dan desa serta dari unsur TNI/Polri.

Bupati menyampaikan rasa keprihatinan atas temuan bakteri E-coli yang menyerang warga Desa Giripurno. Atas kejadian tersebut, pihaknya memutuskan untuk melakukan beberapa langkah penanganan. Yakni menutup sementara sumber mata air yang digunakan oleh 37 warga tersebut.

“Berdasarkan hasil uji laboratorium bakteri E-Coli itu disinyalir bersumber dari empat sumber mata air yang berasal dari lahan Perhutani. Kita sudah minta untuk dilakukan penutupan sementara karena harus dilakukan penanganan,”ujar Arif Sugiyanto di Balai Desa Giripurno, Selasa (16/5).

Bupati memperkirakan, bakteri tersebut akibat dari kotoran hewan liar. Sebab lahan Perhutani di Giripurno diketahui masih banyak binatang monyet liar dan babi hutan. Untuk sumber-sumber air tersebut masih terus dilakukan uji lab, sekaligus dengan pemberian obat kaporit.

Selain memanfaatkan sumber mata air dari lahan Perhutani, warga Giripurno juga menggunakan air yang bersumber dari Pamsimas dengan cara dibor di kedalaman 100 meter. Namun, berdasarkan hasil lab, air yang bersumber dari Pamsimas aman dari bakteri. Begitu juga air-air dari sumur warga.

“Kita sudah minta agar sumber-sumber air tadi untuk diberikan kaporit secara kontinue atau terus menerus seperti proses penyaringan air yang dilakukan PDAM, agar bakteri-bakteri itu mati, tidak berkembang,”terangnya.

Rebus Air Sampai Mendidih

Untuk sumber air yang ditutup sementara, nanti kebutuhan air warga akan disuplai dari air Pamsimas yang sudah dipastikan aman. Sebab, di Pamsimas rutin dilakukan pengecekan kondisi air. Meski begitu agar lebih aman, Bupati meminta masyarakat merebus air untuk minum hingga mendidih.

“Agar lebih aman, saya harap masyarakat ketika merebus air untuk minum setelah mendidih itu ditunggu sampai tiga menit, Inysa Allah bakteri E-coli dan coliform mati,”terangnya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat agar betul-betul menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang air besar sembarangan, menjauhkan sumber mata air dari kadang ternak. Ia menyebut kadar E-coli di Giripurno sangat tinggi, yakni 158. Padahal ambang batasnya hanya 50.

Kades Giripurno Parsum mengatakan, temuan kasus bakteri E-coli di desanya bermula ketika ada anak-anak yang dilaporkan terkena diare akut. Anak tersebut langsung dilakukan penanganan di Puskesmas pada 6 Mei lalu. Namun kasus diare massal itu bertambah banyak.

“Setelah itu grafiknya terus naik, tanggal 7 Mei ada lagi empat, kemudian puncaknya tanggal 10 ada delapan kasus, kemudian tambah-tambah terus sampai 37 kasus. Semua telah dilakukan penanganan dan Alhamdulillah sudah sembuh,” ucap kades.

Terkait adanya kabar satu orang warga yang meninggal karena E-coli, Parsum memastikan itu tidak benar. Satu warganya yang meninggal diketahui karena gagal ginjal. Pihaknya pun ikut arahan pemerintah daerah dalam penanganan kasus ini.

“Untuk penanganan sepenuhnya kami ikut arahan dari pemerintah daerah. Soal kabar meninggalnya warga kami itu bukan karena E-coli, tapi ada riwayat gagal ginjal,ā€¯imbuh kades.

Komper Wardopo