blank
Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar saat menyerahkan penghargaan kepada warga Kota Semarang. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) para pejabat utama Polrestabes Semarang pada Rabu (17/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut Irwan juga memberikan penghargaan kepada 68 orang yang terdiri dari 44 personel Polri dan 14 warga Kota Semarang yang telah memberikan kontribusi kepada Kepolisian Negara RI khususnya di wilayah Polrestabes Semarang.

Pejabat baru Polrestabes Semarang yang menerima jabatan, yakni Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Joko Wicaksono menggantikan AKBP Albertus Recky Roberto yang saat ini telah menjabat sebagai Kapolres Pekalongan Kota.

Selanjutnya, Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi menggantikan AKBP Sigit yang saat ini telah menjabat sebagai Kapolres Sukoharjo.

Adapun pejabat yang melaksanakan Sertijab yakni Kasat Binmas dari Kompol Christopher Adhikara Lebang diserahkan kepada Kompol Juliana BR. Bangun, Kapolsek Semarang Barat, Kompol Dicky Hermansyah diserahkan kepada Kompol Andre Bachtiar Winanomo, serta Kapolsek Gunungpati dari Kompol Indra Hartono, kepada Kompol Muhamad Nurkholis.

Kapolrestabes menyebut, mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan di lingkungan organisasi Polri yang bertujuan untuk menjaga dinamika operasional dan penyegaran proses manajerial organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

“Mutasi ini juga bertujuan meningkatkan efektifitas kinerja Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, dan untuk mengantisipasi perubahan lingkungan yang sedemikian cepat, semakin meningkat dan semakin kompleksnya gangguan Kamtibmas, sehingga menuntut kepekaan moral, intelektual dan profesionalisme Polri,” tandas Irwan.

Usai pelaksanaan Sertijab, Kapolrestabes Semarang memberikan penghargaan kepada 68 orang, yakni 44 personel Polri dan 14 warga Kota Semarang.

“Sava berharap penghargaan untuk 44 personel Polrestabes Semarang tersebut bisa memacu semangat kerja anggota, dan bagi personel yang belum mendapatkan penghargaan bisa menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan kinerjanya,” ungkap Irwan.

Kepada warga Kota Semarang yang menerima penghargaan, Irwan menyampaikan, penghargaan ini sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada 14 warga yang aktif berpartisipasi memberi dukungan kepada Polri dalam memelihara kamtibmas khususnya di Kota Semarang, baik memberikan dukungan moril, materiil, pikiran maupun tenaga kepada Polrestabes Semarang dan jajarannya, sehingga dukungan dari masyarakat ini meningkatkan pelayanan Polrestabes Semarang bagi masyarakat.

“Meningkatnya pelayanan Polrestabes Semarang karena dukungan masyarakat baik sarana prasarana, dukungan dalam memberikan informasi kejadian yang cepat, juga kepekaan kita menghadapi era digitalisasi seperti penggunaan sosial media baik Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, TikTok yang akhirnya melahirkan ide untuk menciptakan aplikasi sendiri,” jelas Irwan.

“Polrestabes Semarang sendiri sudah memiliki aplikasi yang menjadi kebanggaan warga Kota Semarang, yakni aplikasi Libas yang merupakan kependekan dari Polisi Hebat Semarang yang sudah terintegritasi dengan pelayanan-pelayanan publik lain milik pemerintah, seperti Sapa MbakIta, Ambulance Hebat, Forum 3 Pilar, Forum Bankom, CCTV RT, termasuk informasi terbaru persebaran Polisi RW se-Kota Semarang,” kata Irwan.

irwan berharap dengan adanya peran serta masyarakat dengan Polisi Hebat Semarang yang didukung pemanfaatan teknologi yang ada di aplikasi Libas, pelayanan Kepolisian kepada masyarakat semakin baik, setiap potensi kerawanan bisa segera ditekan, dan setiap kejadian bisa segera diungkap.

Ning S