blank
Bertempat di pendapa Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, digelar upacara pengukuhan Satlinmas yang dilakukan oleh Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kedua dari kanan).(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Rabu (17/5) mengukuhkan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Donorojo. Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara pengukuhan sebanyak 825 personil Satlinmas ini, digelar di pendapa Kecamatan Donorojo.

”Saya ucapkan selamat atas pengukuhan ini, mudah-mudahan sinergitas kita bisa berlangsung selama-lamanya,” tandas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Bupati Pacitan yang memiliki panggilan akrab Mas Aji ini, menyebutkan, Satlinmas merupakan sosok paling dekat dengan masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan kejadian dan peristiwa yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Sebagai pelindung masyarakat, Satlinmas juga berperan memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban serta berbagai kegiatan sosial masyarakat.

Kata Bupati, ancaman perlindungan masyarakat, itu bukan hanya soal menjaga kondusivitas, namun juga ada masalah kebencanaan dan Linmas sudah membuktikan. ”Saya yakin jika ada bencana, panjenengan (kalian) selalu di depan,” tegas Bupati.

Jumlah anggota Satlinmas Kabupaten Pacitan cukup besar, yakni mencapai sebanyak 5.643 orang. Jumlah tersebut, merupakan potensi luar biasa yang dapat digerakkan kapan pun dan dimanapun, dengan memperhatikan dinamika di masyarakat.

Bambang Pur