blank
Suasana penyelenggaraan UMKM Fest on Train 2023 pada KA Lodaya relasi Stasiun Solo Balapan-Bandung pp . Foto:KAI Daop6

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan KAI Services menyelenggarakan UMKM Fest on Train 2023.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional merupakan wujud nyata dukungan  pembangunan ekonomi rakyat. Dalam kegiatan ini produk UMKM binaan KAI turut dijajakan di kereta makan/restorasi kereta api pada 17-21 Mei 2023.

“KAI terus mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui berbagai aktivitas promosi yang dapat membuka target pasar baru. UMKM Fest on Train 2023 merupakan salah satu upaya KAI  memasarkan produk UMKM binaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” kata Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam keterangan pers yang diterima Suarabaru.id di Solo, Kamis (18/5/2023).

Pada tahap awal, kata Franoto Wibowo, UMKM Fest on Train dilaksanakan pada beberapa kereta api (KA) salah satunya KA keberangkatan awal Daop 6. Yaitu KA Lodaya relasi Stasiun Solo Balapan-Bandung pp.

Juga  kereta api yang melintasi wilayah Daop 6 di antaranya  KA Argo Wilis relasi Stasiun Bandung-Surabaya Gubeng pp. Sedangkan produk yang dijajakan pada UMKM Fest on Train 2023 merupakan olahan makanan ringan yang digemari  masyarakat seperti odeng, ciomy, tekwan, makaroni, basreng, seroja peyek, serta slondok dan puyur.

Adanya UMKM Fest on Train 2023, pelanggan memiliki pilihan makanan lebih banyak di samping sajian lainnya yang telah disediakan KAI Services. Pelanggan juga dimudahkan memesan produk UMKM atau pun hidangan lainnya di restorasi melalaui laman lokomart.id atau aplikasi KAI Access. Selain bisa juga membeli langsung di atas kereta api.