blank
TMMD yang sekarang dilaksanakan di Desa Golo, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, menjadi momentum membangkitkan kebersamaan dan menumbuhsuburkan gotong royong.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Golo, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, menjadi momentum membangkitkan kebersamaan dan menumbuhsuburkan sikap gotong royong.

Danramil 24/Puhpelem Kapten (Arm) Agus Setyono melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728/Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, dukungan kebersamaan dan gotong royong dari masyarakat beserta pamong desa, memberikan andil besar dalam upaya menyelesaikan sasaran pisik TMMD.

Terlebih, masyarakat rela bekerja keras siang malam, tanpa mengenal lelah dan mengabaikan adanya tanggal merah hari libur, untuk terus bekerja mengejar target penyelesaian sasaran pisik yang diprogramkan dalam TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran (TA) 2023.

Sasaran pisik TMMD kali ini, mengerjakan pembangunan rabat jalan blok dengan volume panjang 1.235 Meter (M), lebar 4 M, tebal 0,12 M. Juga membangun talud penguat tebing jalan dengan volume panjang 6 M, lebar 0.70 M dan tinggi 5,2 M.

Antarkecamatan

Serangkaian pembangunan ini, dilakukan dalam upaya mewujudkan prasarana infrastruktur akses jalan antarkecamatan. Yakni jalan Desa Golo, Kecamatan Puhpelem menuju Desa Krandegan, Kecamatan Bulukerto.

Danramil-24 Puhpelem, Kapten (Arm) Agus Setyono, mengungkapkan, program TMMD yang dilaksanakan, selain untuk mengakselerasi pembangunan di daerah, juga menjadi wahana untuk terus menghidupkan dan memelihara budaya gotong royong masyarakat. Juga sebagai sarana memantapkan nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Upaya menumbuhsuburkan kebersamaan dan semangat gotong royong masyarakat, menjadi hal penting di zaman sekarang. Sebab di era globalisasi yang ditandai pesatnya kemajuan Teknologi Infromasi (TI), berdampak memunculkan sikap masyarakat yang cenderung egoisme dan individualisme. Yang itu, berdampak makin menjauhkan dari nilai kebersamaan dan semangat gotong royong.

”Kami berharap, anggota TNI dengan rakyat di lokasi TMMD menjadi bentuk kebersamaan yang tak terpisahkan,” ujar Danramil-24 Puhpelem Kapten (Arm) Agus Setyono. Utamanya dalam hal saling bantu dan bahu-membahu, yang menjadikan TNI senantiasa menyatu dengan rakyat, ibarat ikan dengan air yang tidak dapat dipisahkan.

Bambang Pur