blank
Rangkaian KRL tengah melintas di wilayah Bendogantungan Klaten Selatan. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) KAI Commuter akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang berlaku saat ini.

Dalam Gapeka baru yang bakal berlangsung  1 Juni 2023, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta melakukan peningkatan pada pelayanan perjalanan commuter line Yogyakarta dan commuter line Prameks.

“Peningkatan utama adalah waktu tempuh perjalanan Commuter line yang lebih cepat dari sebelumnya”, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Selasa (16/5) sembari menjelaskan GAPEKA merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis.

Pedoman pengaturan pelaksanaan, menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Dalam pers rilis yang diterima Suarabaru.id, Anne Purba mengatakan , berdasarkan Gapeka 2023 rata-rata waktu tempuh perjalanan commuter line relasi Yogyakarta-Palur PP menjadi 83 menit atau lebih cepat dua menit dari sebelumnya yaitu 85 menit.

Sedangkan rata-rata waktu tempuh perjalanan commuter line Prameks relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP menjadi 71 menit atau lebih cepat enam  menit dari sebelumnya. Pada Gapeka 2023 terdapat penambahan perpanjangan relasi perjalanan commuter line.

Sehingga seluruh perjalanan commuter line melayani relasi Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Palur dan begitu sebaliknya. Jumlah perjalanan commuter line sebanyak 20 perjalanan pada hari kerja. Sedangkan  akhir minggu dan hari libur terdapat 24 perjalanan commuter line.

Pada akhir pekan awal pemberangkatan jam 04.55 WIB . Sedangkan pemberangkatan akhir pukul 20.16 WIB. Sedangkan pelayanan commuter line Prameks, pada Gapeka ini tetap dengan delapan  perjalanan regular dan empat perjalanan tambahan yang bisa dijalankan sewaktu-waktu.

Waktu operasional commuter line Prameks pukul 05.25 WIB untuk pemberangkatan pertama dari Stasiun Kutorjo dan pemberangkatan terakhir pada pukul 16.38 WIB dari Stasiun Yogyakarta, jelasnya sembari mengimbau kepada seluruh pengguna untuk memperhatikan kembali jadwal pemberangkatannya.

Bagus Adji