blank
Sejumlah Bacaleg Partai Gerindra Wonosobo foto bersama usai pendaftaran di Kantor KPU setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-DPC Partai Gerindra Wonosobo telah mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk kursi wakil rakyat di DPRD ke Kantor KPU setempat di hari terakhir masa pendaftaran Bacaleg, Minggu (14/5/2023).

Pendaftaran Bacaleg ke KPU dilakukan langsung oleh Ketua DPC Partai Gerindra Sumardiyo dan Sekretaris Suradi Ramelan diikuti pengurus harian lainnya serta sebagian Bacaleg yang akan bertarung di Pemilu 2024 mendatang.

Sebelum menuju Kantor KPU, pengurus DPC Partai Gerindra dan para Bacalegnya terlebih dahulu melakukan doa bersama yang dipimpin K Mansuri, salah satu Bacaleg, di kantor partai berlambang kepala burung garuda itu, di Jl Ngawen Wonosobo.

Selanjutnya, pimpinan DPC Partai Gerindra dan rombongan meneruskan perjalanan ke Kantor KPU menggunakan beberapa kendaraan roda empat. Sampai ditempat tujuan, rombongan diterima Ketua KPU Asma Khozin dan anggota komisioner lainnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Wonosobo Sumardiyo mengatakan pihaknya telah mendaftarkan sejumlah 45 Bacaleg ke KPU secara penuh. Kuota 30 persen perempuan juga terpenuhi dengan maksimal di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

“Kami mohon kepada seluruh warga Wonosobo semoga proses pemilu nanti berjalan lancar, aman dan damai. Target Partai Gerindra memperoleh 12 kursi di DPRD juga bisa tercapai. Saat ini kami memiliki 6 kursi incumbent dari hasil Pemilu 2019 lalu,” katanya.

Ekor Jas

blank
Penyerahan berkas pendaftaran Bacaleg Partai Gerindra Wonosobo di Kantor KPU setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

Sekretaris DPC Partai Gerindra Wonosobo Suradi Ramelan menambahkan komposisi Bacaleg yang didaftarkan ke KPU merupakan lintas generasi. Mereka merupakan kombinasi kader internal dan tokoh publik dengan latar belakang berbagai profesi.

“Incumbent semua maju Bacaleg lagi. Ada kader internal, kaum perempuan, generasi muda, kelompok milenial, Kepala Desa dan mantan Kepala Desa, pensiunan PNS dan pelaku bisnis,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi A DPRD Wonosobo itu.

Suradi melanjutkan, Partai Gerindra berharap dan optimis akan mendapat efek ekor jas dari pencalonan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Probowo Subianto sebagai Calon Presiden RI di Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilakukan bersamaan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

“Kami berharap dan optimis akan mendapat suara dari efek ekor jas pencapresan Prabowo Subianto. Sehingga Partai Gerindra akan mendulang suara yang cukup signifikan. Sejauh ini, konsolidasi internal yang dilakukan juga sudah cukup massif dan maksimal,” tegasnya.

Dikatakan Suradi, menyinggung soal sistem pemilu proporsional terbuka atau tertutup di Pemilu 2024 nanti, Partai Gerindra sangat berharap pemilu kali ini tetap digelar dengan sistem proporsional terbuka. Sehingga pemilih lebih leluasa dalam menentukan calon anggota legislatif yang akan dicoblosnya.

“Jika toh nanti ternyata regulasi pemilu diselenggarakan dengan sistem proporsional terutup, itu merupakan bonus. Prinsipnya Partai Gerindra siap dengan apapun yang terjadi. Pemilu dengan proporsional terbuka ya siap, tertutup juga sama-sama siap,” pungkasnya.

Muharno Zarka