blank
Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi (deret depan kedua dari kanan) bersama Anggota KPU Wonogiri dan staf, senantiasa siap memberikan pelayanan pendaftaran Baleg dari Parpol.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jadwal pendaftaran bakal calon legislatif (Baleg) tinggal satu hari, yakni Hari Minggu (14/5). Tapi di Kabupaten Wonogiri, baru 7 dari 18 Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan Baleg-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketujuh Parpol yang telah mengusung Baleg-nya ke KPU terdiri atas PKS sebanyak 50 orang dengan komposisi 31 pria dan 19 perempuan, Kemudian Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar masing-masing mengusung 50 orang dengan komposisi 33 pria dan 18 perempuan.

Berikut Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing mengusung 50 orang dengan komposisi 33 pria dan 17 perempuan. Untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengusung 50 orang terdiri atas 34 pria dan 16 wanita. Partai Demokrat mengusung 40 orang terdiri atas 22 pria dan 18 wanita.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sih Setyo Adi dan Anggota KPU Wahyu Nurjanah dari Divisi Teknis Penyelenggaraan, menyatakan, pendaftaran akan ditutup Minggu (14/5) sampai Pukul 23.59 menjelang tengah malam nanti.

Keduanya belum dapat memastikan, apakah dari 18 Parpol peserta Pemilu 2024 nanti ada yang tidak mengusung Baleg-nya ke KPU. Itu belum diperoleh informasinya.

Ketua KPU Toto Sih Setyo Adi, semalam, menyatakan, ada 7 Parpol yang menyusul memberikan konfirmasinya untuk mendaftar pada Hari Minggu (14/5). Yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PSI, Partai Umat dna Partai Gelora.

Dari tujuh Parpol tersebut, PBB memastikan akan datang ke KPU Pukul 12.00 dan Partai Buruh Pukul 15.00. Lima Parpol lainnya, belum memberikan konfirmasi waktunya.

Bambang Pur