blank
Ketua DPC PDI Perjuangan Wonogiri, Bupati Joko Sutopo (ketiga dari kiri) menerima cenderamata Maskot 'Sura-Sulu' dari Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi (keempat dari kiri), sebagai tanda telah clear-nya pengajuan Baleg.(Dok.KPU Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hari ini, Jumat (12/5), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat, akan mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Baleg)-nya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri.

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, menyatakan, Partai Demokrat dijadwalkan akan datang ke PKU Jumat (12/5) hari ini Pukul 10.00 dengan membawa personel 15 orang. Kemudian dari PAN dengan 50 personel akan datang ke KPU Pukul 13.00.

Anggota KPU Wonogiri Wahyu Nurjanah, dari Divisi Teknis Penyelenggara KPU Wonogiri, menyatakan, agenda kedatangan Partai Demokrat dan PAN Jumat (12/5) hari ini, merupakan pendaftaran kedua, karena pada Hari Kamis (11/5) sebelumnya telah dilakukan oleh PKS, Nasdem dan PDI Perjuangan.

Sekretaris DPD PAN Wonogiri, Abdul Karim, menyatakan agenda pendaftaran Baleg akan kami lakukan nanti Pukul 13.00. ”Sebanyak 50 orang dengan menyertakan keterwakilan perempuan di atas 30 persen,” jelas Abdul Karim sembari menambahkan Baleg perempuan sebanyak 17 orang atau 34 persen.

Untuk Pemilu 2024, PAN sebagai Parpol berlambang Matahari Bersinar, mentargetkan perolehan sebanyak 10 kursi di DPRD Wonogiri. Proyeksinya, masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) dua kursi. Kabupaten Wonogiri, memiliki 5 Dapil.

Seperti diberitakan, PKS menjadi Parpol pertama yang mendaftarkan ke KPU. Disusul siang harinya oleh Partai Nasdem yang diantar oleh Wakil Ketua Sugeng Margiyono dan Sekretaris Salmet dengan membawa serta surat kuasa. Sesuai ketentuan, yang mendaftarkan harus Ketua Parpol atau yang mewakili dengan membawa surat kuasa.

Bupati Wonogiri

Kamis sore (11/5), Ketua DPC PDI Perjuangan Wonogiri, Joko Sutopo yang menjabat Bupati Wonogiri, memimpin langsung penyerahan 50 daftar nama Baleg ke KPU Wonogiri, yang diterima langsung Ketua KPU Toto Sih Setyo Adi. Ikut hadir mendampingi, para anggota KPU Wonogiri terdiri atas Wahyu Nurjanah, Augustina Puspa Dewi, Pradika Harsanto dan Dwi Prasetyo.

Joko Sutopo datang ke KPU Wonogiri bersama Sekretaris DPC Setyo Sukarno yang menjabat Wakil Bupati Wonogiri, Wakil Ketua Catur Winarko (Anggota DPRD Wonogiri), Bendahara DPC Sriyono yang menjabat sebagai Ketua DPRD Wonogiri dan petinggi partai lainnya.

Di Wonogiri, PDI Perjuangan saat ini menjadi kekuatan mayoritas dengan mendominasi pemilikan sebanyak 28 dari 50 kursi di DPRD Wonogiri. Meski demikian, kepada awak media, Joko Sutopo yang akrab dipanggil Jekek, menyebutkan, tidak memasang target dalam Pemilu 2024 nanti. ”Terserah kepada rakyat yang akan menentukan pilihannya,” jelas Joko Sutopo.

Disebutkan, ada empat Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Wonogiri, sebagai incumbent, tidak ikut didaftarkan ke KPU Wonogiri. Terdiri atas Setyo Sukarno (Baturetno) yang menjabat Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Tarso (Bulukerto) bersama Ari Santoso (Purwantoro) dan Mulyadi (Manyaran) yang kali ini maju di pencalonan DPRD Provinsi Jateng.

Bambang Pur