blank
Ketua DPC PDI Perjuangan Afif Nurhidayat saat menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-DPC PDI Perjuangan Wonosobo menargetkan memperoleh 23 kursi di DPRD setempat pada Pemilu 2024 mendatang. Saat ini partai berlambang kepala banteng moncong putih itu memiliki 11 kursi wakil rakyat.

Target perolehan kenaikan kursi sebanyak itu disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Wonosobo Afif Nurhidayat usai melakukan pendaftaran bakal calon anggota legistatif (Bacaleg) di KPU setempat, Kamis (11/5/2023), sore tadi.

Pendaftaran Bacaleg PDI Perjuangan ke KPU sendiri dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB. Partai beruniform merah itu, mendaftarkan Bacaleg di urutan kedua setelah pada pagi hari pendaftar pertama Partai Nasdem.

“Hari ini PDI Perjuangan mendaftarkan Bacaleg ke KPU secara serentak di seluruh Indonesia. Baik Bacaleg di DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota. DPC PDI Perjuangan Wonosobo sendiri mendaftarkan 45 Bacaleg,” katanya.

Sebelum mendaftar ke Kantor KPU, para Bacaleg yang berseragam baju merah berkumpul terlebih dahulu di Panti Marhaen DPC PDI Perjuangan. Saat menuju Kantor KPU, para Bacaleg menaiki 10 andong (dokar) di tengah rintik hujan.

Andong yang membawa calon wakil rakyat itu menempuh perjalanan kurang lebih 1 kilo meter dari Panti Marhaen DPC PDI Perjuangan di Sapen ke Kantor KPU setempat di Jl Sabuk Alu Wonosobo Timur melewati jalan protokol pusat kota.

Gass Poll

blank
Seluruh incumbent dan sejumlah kader baru PDI Perjuangan siap maju sebagai Caleg di Pemilu 2024. Foto : SB/Muharno Zarka

Afif mengaku semua kader PDI Perjuangan sudah siap gass poll untuk menghadapi kompetisi politik di Pemilu 2024 mendatang. Bagi kader partai konsolidasi politik tidak dilakukan menjelang pemilu saja tapi sudah dilakukan secara terus-menerus.

“Jadi, saat ini, mesin politik partai sudah dinyalakan dan digerakan. Semua kader di akar rumput harus terus bergerak untuk memenangi pemilu. PDI Perjuangan sudah beberapa kali menang pemilu sejak era reformasi hingga insya Allah di Pemilu 2024 nanti,” jelasnya.

Menurutnya, 11 incumbent yang saat ini masih menjabat sebagai wakil rakyat di DPRD akan nyaleg lagi. Bahkan PDI Perjuangan mendapat amunisi baru dari kader non struktural. Mereka ada dari unsur pengusaha, generasi milenial, pensiunan PNS dan bahkan mantan kader partai lain.

“Incumbent masih diberi kesempatan untuk nyaleg lagi. Apapun, mereka telah bekerja keras selama 5 tahun dan berpengalaman menjadi anggota DPRD sehingga diharapkan dapat mendongkrak perolehan suara,” ujarnya.

Ketua KPU Wonosobo Asma’ Khozin menyampaikan DPC PDI Perjuangan telah mendaftar dan memasukan berkas pendaftaran Bacaleg ke sistem Silon maupun menyerahkan daftar nama Bacaleg.

“KPU membuka pendafaran Bacaleg mulai tanggal 1 hingga 14 Mei 2023. Pendaftaran dibuka sejak pukul 7.30 WB hingga jam 16.00 WIB. Khusus hari terakhir, pendaftaran Bacaleg ditutup sampai pukul 11.59 WIB,” kata dia.

Muharno Zarka