blank
Dr. Adijati Utaminingsih SE menyampaikan materi dalam Pelatihan Kewirausahaan dan Sustainable Business di Kampung Melayu Kelurahan Dadapsari pada 11 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen FE USM Dr. Adijati Utaminingsih SE., Emaya SE., MM, dan Drs Witjaksono SE., MM memberikan Pelatihan Kewirausahaan dan Sustainable Business (keberlanjutan usaha) kepada 15 pelaku usaha UMKM di Kampung Melayu Kelurahan Dadapsari Kota Semarang pada 11 Mei 2023 di ruang pertemuan Kelurahan Dadapsari.

Menurut Adijati, pelaku usaha UMKM Kampung Melayu sangat tertarik dan antusias dengan kegiatan pelatihan ini, karena mereka dapat mengungkapkan masalah-masalah yang dihadapi dan memperoleh solusi pemecahannya. Dia berharap, pelatihan kewirausahaan ini dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan pelaku usaha UMKM dan memahami karakter pelaku usaha yang unggul.

”Pelatihan sustainable business membantu pelaku UMKM untuk memahami usaha yang didasarkan pada 3 P (profit, people, planet) sehingga dapat menemukan keunikan, karakter dan diferensiasi usaha dan menemukan keunggulan usaha yang sustainable,” katanya.

Pelaku UMKM Kampung Melayu berharap kegiatan pengabdian ini dapat terus berlanjut untuk memotivasi mereka dalam usaha yang berkelanjutan dan menemukan karakter usaha yang mencirikan entrepreneur Kampung Melayu.

Dia mengatakan, peserta terdiri atas pelaku usaha warung makan, usaha minuman, snack ringan, bakaran, catering, aneka keripik dan usaha wedangan mendapatkan pengetahuan tentang kewirausahaan dan usaha yang berkelanjutan (sustainable business). Para peserta sosialisasi antusias menerima materi dan banyak pertanyaan yang muncul dalam proses kegiatan ini.

”Kegiatan ini membuka wawasan dan menambah pemahaman tentang jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan kesungguhan dan niat dalam usaha. Hasil akhirnya keuntungan usaha yang berkelanjutan serta pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga serta masyarakat Dadapsari. Mereka berharap, kegiatan pengabdian ini dapat terus berlanjut untuk memotivasi mereka dalam usaha yang berkelanjutan dan menemukan karakter usaha yang mencirikan entrepreneur Kampung Melayu,” ungkapnya.

Muhaimin