blank
Ketua DPD PKS Wonogiri, Ahmad Zarif (ketiga dari kiri) menyampaikan pendaftaran Baleg ke Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi (keempat dari kiri) yang didampingi para komisioner KPU Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi Partai Politik (Parpol) pertama yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Baleg)-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri.

Itu dilakukan Kamis pagi (11/5), dipimpin langsung Ketua DPD PKS Wonogiri, Ahmad Zarif, bersama para pengurus dan para Baleg. Pendaftaran diterima langsung oleh Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, didampingi para komisioner KPU yang terdiri atas Wahyu Nurjanah, Augustina Puspa Dewi, Pradika Harsanto dan Dwi Prasetyo.

Ikut hadir menyaksikan pendaftaran dari Parpol bernomor urut 8 tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Wonogiri Isnawati Solihah dan Ikhwani. Personel TNI-Polri ikut hadir memberikan pengamanan bersama petugas scurity internal Kantor KPU Wonogiri.

Para Baleg PKS berangkat dari Kantor DPD-nya di Bulusulur Wonogiri, dengan mengendarai 8 mobil Angkot (Angkutan Kota) bercat orange. Dikawal oleh peleton Kepanduan PKS dan Pengurus Partai. Mereka mengenakan baju putih, yang pada punggungnya bertuliskan kalimat ”Bersama Melayani Rakyat.”

Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi, mengatakan, ini menjadi Parpol pertama yang mendaftarkan Baleg-nya ke KPU. Meski pendaftaran telah dibuka sejak Senin (1/5) lalu dan akan ditutup Minggu (14/5) mendatang. ”Hari ini untuk pertama kalinya ‘lapak’ KPU laku dengan didatangi pendaftar Baleg dari PKS,” ujar Toto.

Ketua DPD PKS Wonogiri, Ustadz Ahmad Zarif, mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam Islam salam penghuni surga. Juga prolog tentang metode yang dipakai untuk mendaftarkan Baleg-nya dengan proses yang benar. ”Agar hasilnya kelak bermanfaat bagi kemaslahatan dan wakil-wakilnya amanah,” tegasnya.

PDIP dan Nasdem

KPU yang menerima pendaftaran Baleg dari PKS, langsung menyikapinya dengan melakukan pemeriksaan dan verifikasi berkas pencalonan. Ketua KPU Wonogiri, mengatakan, semua berkas sudah clear, karena sebelumnya pihak Liasion Officer (LO)-nya sebagai pendamping nara hubungnya aktif melakukan konsultasi ke Help Desk KPU.

Kecuali dari PKS, Partai Nasdem dan PDI Perjuangan juga akan datang ke KPU Wonogiri Kamis (11/5) siang dan sore, untuk menyampaikan pendaftaran masing-masing Baleg-nya.

Sekretaris DPD PKS Wonogiri, Anis Adiyanto, menyatakan, ada sebanyak 50 Baleg yang didaftarkan ke KPU Wonogiri untuk lima Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Wonogiri. Diantaranya sebanyak 19 orang adalah Baleg wanita dan 3 incumbent.

”Target kami di Pemilu 2024 nanti, meraih 8 dari 50 kursi di DPRD Wonogiri,” tegas Anis Adiyanto. Target ini terhitung dua kali lipat dari pemilikan kursi sekarang sebanyak 4 di DPRD Wonogiri.

Tentang dipakainya mobil Angkot, filosofinya agar para Baleg mampu menyerap aspirasi masyarakat, sebagaimana lazim diperbincangkan di mobil Angkot. Sebab, tambah Anis Adiyanto, para wakil dari PKS di lembaga DPRD, harus mampu mengambil aspirasi rakyat untuk kemudian diperjuangkan di lembaga legislatif. Siap menjadi kongkongane (suruhan) masyarakat.

Bambang Pur