blank
Ilustrasi manfaat rumput laut. Foto: Dok/yoursay/suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa saja manfaat rumput laut untuk kecantikan? Rumput laut adalah nama yang diberikan untuk spesies tumbuhan laut dan alga yang tumbuh di lautan, sungai, dan danau.

Rumput laut merupakan bahan alami yang paling bermanfaat dan tersedia berlimpah untuk perawatan kulit.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa manfaat rumput laut bagi kecantikan sangat banyak. Salah satunya adalah mencerahkan kulit.

Melansir dari Halodoc.com, rumput laut merupakan konsentrasi air laut yang sangat kuat dan mampu menyerap mineral melalui penyerapan dan transpor aktif dari air laut. Karena proses ini, beberapa rumput laut memiliki konsentrasi vitamin, mineral, asam amino, protein, dan lipid yang padat, yang semuanya bermanfaat bagi kulit.

Manfaat rumput laut bagi kecantikan

Rumput laut memiliki banyak manfaat perawatan kulit dan sifat penyembuhan. Bahan ini mampu mengatasi segala hal mulai dari minyak berlebih hingga garis halus dan kerutan.

Orang yang memiliki kulit kering, sensitif, dan rawan jerawat serta yang mencari sifat anti-penuaan akan mendapat manfaat dari rumput laut. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

1. Mengatur produksi minyak di kulit
Beberapa jenis rumput laut dapat membantu menurunkan produksi minyak di kulit. Sementara beberapa yang lain dapat membantu mengurangi bakteri yang terlibat dalam pembentukan jerawat, menjadikannya bahan potensial untuk aktivitas anti-jerawat.

2. Mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan
Rumput laut seperti Laminaria digitata adalah sumber asam amino yang kaya (seperti glisin) dan antioksidan alami (seperti vitamin C). Keduanya dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menghaluskan garis-garis dan memberikan penampilan kulit yang lebih penuh, kencang, dan terlihat lebih muda.

3. Menyembuhkan jerawat, rosacea, dan kulit sensitif
Manfaat rumput laut lainnya adalah menyembuhkan jerawat, rosacea, dan kulit sensitif. Hal ini karena rumput laut dapat membantu menenangkan kondisi kulit yang terkait dengan peradangan, seperti jerawat dan rosacea.

Selain itu, rumput laut juga memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung mineral alami seperti magnesium dan seng. Keduanya telah dikenal dapat membantu meningkatkan munculnya kemerahan pada kulit sensitif dan hipersensitif. Ini juga dapat melindungi kulit dari kondisi lingkungan yang keras dengan menciptakan penghalang pelindung.

4. Mencerahkan kulit
Rumput laut juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dengan memengaruhi produksi pigmen, atau dengan memengaruhi proses pigmen diangkut di kulit.

5. Mengelupas sel-sel kulit mati
Rumput laut jenis Corallina officinalis memiliki manfaat detoksifikasi kulit. Corallina officinalis adalah rumput laut merah yang membentuk kalsium karbonat. Jenis ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang kendur dari permukaan kulit dengan lembut.

6. Melembapkan kulit
Rumput laut tidak hanya mengandung asam lemak esensial yang membantu menjaga pertahanan kulit. Melainkan juga kaya akan polisakarida seperti asam alginat, yang membantu mengunci kelembapan pada kulit.

Bagaimana cara menggunakannya?

Keajaiban rumput laut adalah ia menargetkan berbagai masalah perawatan kulit. Antioksidan adalah anti-penuaan, humektan bertindak sebagai hidrator kulit, vitamin B kompleks menenangkan, dan sebagainya.

Ekstrak rumput laut adalah bahan populer untuk banyak produk kecantikan seperti pembersih, pelembap, produk anti-penuaan, dan scrub. Kamu dapat menggunakan salah satu dari produk tersebut siang atau malam dan selama urutan yang sesuai dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

Jika kamu memiliki rumput laut organik berbentuk bubuk, kamu dapat menggunakannya untuk membuat masker wajah, dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan lain.

Itulah manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit. Jika kamu mengalami masalah kulit, jangan tunda untuk memeriksakan ke dokter ya!

Ning S