blank
Ketua DPRD Kudus Masan bersama Rais Syuriah PCNU Kudus KH Ulil Albab Arwani dan Ketua Tanfidziyah KH Asrofi Masyito saat meninjau pembangunan NU Center Kudus. Foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan meninjau pemasangan tiang pancang pembangunan Gedung NU Center di Jalan Lingkar Selatan, Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Selasa (9/5).

Kedatangan Masan tersebut  dilakukan untuk memastikan proses awal pembangunan gedung NU Center berjalan dengan lancar  dan tanpa ada kendala.

Masan yang datang bersama Wakil Ketua DPRD Kudus, H Mukhasiron, ditemani langsung oleh Rais Syuriah PCNU Kudus KH Ulil Albab Arwani bersama Ketua Tanfidziyah PCNU Kudus KH Asrofi Masyito. Rombongan pun sempat melihat langsung bagaimana proses pemasangan tiang pancang gedung yang nanti akan menjadi pusat kegiatan NU Kabupaten Kudus tersebut.

“Ya dalam rangka untuk memastikan pembangunan berjalan lancar dan menghasilkan gedung yang berkualitas,”kata Masan.

Menurut politisi asal PDI Perjuangan tersebut, selain berasal dari partisipasi swadaya warga Nahdliyin dan masyarakat pada umumnya, pembangunan NU Center ini juga dibiayai dari serapan anggaran Bantuan Provinsi.

Bahkan, dalam sebuah kesempatan, para anggota DPRD Kudus sempat saweran mengumpulkan dana dalam sebuah sidang paripurna guna membantu proses pembangunan gedung tersebut.

“Artinya, terdapat peran serta masyarakat yang ikut andil dalam pembangunan gedung,”tandasnya.

Masan menjelaskan, selain gedung NU Center, sudah dibangun gedung Balai Latihan Kerja (BLK) yang ditunjang ke workshop kejuruan multimedia PCNU Kabupaten Kudus. Dia berharap semua pembangunan bisa berjalan lancar dan menghasilkan gedung yang berkualitas.

“Nantinya juga akan dibangun gedung rumah sakit di sini,” terangnya.

Oleh karena itu, gedung NU Center tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk penunjang kegiatan umat (masyarakat).  Baik kegiatan yang berkaitan dengan bidang peribadatan, maupun kegiatan sosial dan kesehatan.

“Optimalkan gedung yang ada untuk kegiatan umat,” tuturnya.

Ketua PCNU Kabupaten Kudus KH Asrofi Masyitho menjelaskan, gedung NU Center ini akan dibangun di atas tanah seluas 26 hektare. Pemilihan lokasi di Gulang, karena akses jalurnya sangat strategis dan relatif terjangkau.

Pihaknya pun menambahkan, pembangunan gedung NU Center ini juga merupakan perayaan berdirinya organisasi NU yang akan berusia satu abad. Ini juga merupakan pembuktian bahwasanya Kudus sangat bersyukur sebagai kabupaten asel dua pendiri NU, yakni KH Asnawi dan KH Hambali.

“Nah dalam rangka memperingati satu abad NU, akan kami wujudkan dengan pembanguann NU Center. Di dalamnya nanti ada Pondok Pesantren, Masjid, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, Badan Usaha, dan Perkantoran,” tandasnya.

Ads-Ali Bustomi