blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kabupaten Jepara mendominasi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Eks-Karesidenan Pati. Dalam kegiatan yang berakhir Selasa (9/5/2023) di Rembang, kontingen “Kota Ukir” meraih 40 persen atau hampir separo medali emas yang diperebutkan.

“Anak-anak meraih 22 dari total 55 medali emas dan menjadi juara umum,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono, melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Haryanto, Rabu (10/5/2023).

blank
Tim Pencak Silat Jepara

Selain 22 emas, anak-anak Jepara juga meraih 10 medali perak dan 14 perunggu. Haryanto menyebut, Popda eks-Karesidenan Pati tahun 2023 berlangsung pada 5—9 Mei di Rembang.

Menurut Haryanto, Kabupaten Jepara juga mendapat wild card 2 emas dari cabang olahraga sepak takraw. “Jepara tidak bertanding pada cabor sepak takraw di Popda karesidenan karena mendapat wild card langsung ke Popda Jateng. Pada Popda tahun 2022 yang lalu, sepak takraw Jepara telah menjadi yang terbaik tingkat Jawa Tengah dengan 3 emas dan 1 perak,” terangnya.

Dari total medali yang dibawa pulang ke Jepara, cabor karate menjadi pendulang terbanyak dengan 10 medali emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Diikuti taekwondo (6, 1, 6), pencaksilat (5, 6, 1), bola voli dalam ruangan (1, 0, 1). Cabor lain belum berhasil maju ke Popda provinsi karena gagal meraih emas, yakni voli luar ruangan, bola basket, bulutangkis, dan sepakbola.

“Ada beberapa cabor yang seleksinya langsung tingkat provinsi. Dengan hasil itu, Kabupaten Jepara akan mengirim atlet pada 15 dari total 24 cabor yang dipertandingkan di Popda Jateng pada tanggal 20 sampai 28 Juni 2023 mendatang di Semarang,” tambah Haryanto.

Pada Popda eks-Karesidenan Pati tahun lalu di Pati, Jepara juga menjadi juara umum dengan 20 medali emas.

Hadepe