blank
Saat memberikan kuliah umum di UPS, Tegal, Ganjar membeberkan tantangan masa depan bangsa Indonesia pada para mahasiswa. Foto: hms

TEGAL (SUARABARU.ID)– Di tengah kesibukannya memimpin pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo konsisten meluangkan waktunya, menjalankan program Gubernur Mengajar.

Kali ini, giliran mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, yang mendapat kesempatan bertemu dan berinteraksi dengan orang nomor satu di Jateng ini.

Berlangsung sekitar dua jam, ratusan mahasiswa UPS terlihat antusias mengikuti materi yang disampaikannya. Pada kesempatan itu, Ganjar membeberkan banyak hal mengenai kepemimpinan.

BACA JUGA: Komunikasi Ganjar Pranowo dan Habib Luthfi Lebih Personal

blank
Melanjutkan program Gubernur Mengajar, Ganjar Pranowo menyempatkan diri hadir dalam kuliah umum di Universitas Pancasakti Tegal. Foto: hms

Tak hanya itu, Ganjar juga mengungkapkan kondisi serta tantangan masa depan yang dihadapi mahasiswa. Alumni Universitas Gadjah Mada itu mengatakan, mahasiswa khususnya di Tegal, bisa terlibat langsung pada pemanfaatan potensi yang ada.

”Tegal itu dari kemaritiman luar biasa. Perikanan tangkap, perikanan budidayanya bagus, terbayangkan nggak kalau hari ini mahasiswa bisa kerja praktek di situ, mengolah end-to-end, dikerjakan di sini,” katanya.

Tegal dengan julukan Kota Bahari, imbuhnya, tak hanya punya potensi yang besar pada sektor perikanan dan pariwisatanya saja. Namun industri logam juga masih bisa dikembangkan.

BACA JUGA: Kodim 0733 KS Gandeng BAZNAS Kota Semarang Jalankan Program RTLH

Untuk menuju ke sana, lanjut dia, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Maka, Ganjar senang dengan adanya Program Studi Pendidikan Profesi Guru di UPS Tegal.

”Ini bagian dari tantangan yang coba kita berikan untuk menghadapi Indonesia ke depan. Jadi percepatan pembangunan SDM itu kewajiban. Upgrade dan upskill gurunya, juga termasuk fasilitas pendidikan yang accessible (mudah diakses) untuk semuanya,” terangnya.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Tegal Jumadi, Rektor Taufiqulloh serta jajaran civitas akademika UPS Tegal.

Riyan