blank
Ilustrasi ular tanah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ular merupakan salah satu jenis reptil yang seringkali masuk ke dalam rumah,apalagi jika rumah Anda memiliki ruangan yang lembab dan gelap. Beberapa jenis ular yang sering dijumpai di area pemukiman, antara lain ular hijau buntut merah, ular pucuk, ular tanah, ular weling dan ular welang.

Satu hal yang sangat mengkhawatirkan adalah ketika ular berhasil masuk ke salah satu rumah penduduk tanpa disadari oleh pemiliknya. Ular merupakan hewan jenis reptilia dalam sub-ordo Serpentes yang seringkali susah dibedakan mana yang berbisa dan mana yang tidak.

Banyak orang akan langsung bereaksi penuh kepanikan daripada bersikap tenang agar bisa menyergap ular lalu dibawa keluar. Dilansir dari Suara.com, ular umumnya merasa nyaman berada di kawasan pemukiman yang kumuh dan banyak barang-barang bertumpuk. Jadi, berhati-hatilah mulai sekarang.

Baca Juga: Tips Memadukan Pilihan Warna Ketika AKan Pergi Ke Pesta

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 10 cara mudah dan murah usir ular pakai bahan-bahan yang bisa dijumpai di rumah:

1. Taruhlah keset ijuk di depan pintu rumah dan gunakan sebagai jebakan ular karena permukaan keset ijuk yang kasar dianggap bisa melukai tubuh ular.
2. Untuk memancing ular keluar dari sarangnya lakukanlah pengasapan dengan tujuan agar lebih mudah ditangkap ketika berada di tempat lapang.
3. Ular menyukai tempat yang lembap dan gelap jadi rajinlah beres-beres supaya hewan ini tidak merasakan kenyamanan di antara tumpukan barang-barangmu.

4. Taburkan kamper (kapur barus) di area yang diduga dijadikan sarang ular. Aroma kamper disebut dapat membuat tubuh ular mengalami iritasi.
5. Gunakan amonia untuk mengganggu indera penciuman ular yang sangat sensitif dengan bau menyengat. Letakkan amonia dalam wadah atau disemprotkan langsung di tempat-tempat yang diduga dijadikan sarangnya.
6. Gunakan karbol untuk memperlambat gerakan ular. Rajin-rajinlah mengepel lantai dengan cairan pembersih lantai. Umumnya cairan pembersih lantai mengandung karbol yang bisa memberi efek panas dan tidak nyaman pada badan ular.

7. Ini adalah salah satu cara unik namun efektif, yaitu taburkan cabai di sekeliling rumah.
8. Tandai area rumah yang diduga dijadikan sarang ular lalu semprotkan cairan campuran minyak cengkeh dan kayu manis.
9. Asam sulfonat diduga cukup efektif untuk membuat ular mabuk. Bahan ini biasanya terkandung dalam bawang putih atau merah.
10. Kalau semua cara di atas sudah dicoba tapi kamu merasa kerepotan mending langsung panggil saja orang yang ahli di bidangnya.

Kamu bisa panggil pemadam kebakaran atau pawang ular. Cara terakhir ini adalah upaya paling realistis, efektif lagi efisien.

Claudia