blank
Pencapaian positif diukir Tim Kempo Indonesia dari ajang 19th IKF World Kempo Championships 2023. Ajang tersebut berlangsung di Caldas De Raina, Portugal pada 24-30 April 2023.

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Pencapaian positif diukir Tim Kempo Indonesia dari ajang 19th IKF World Kempo Championships 2023. Ajang tersebut berlangsung di Caldas De Raina, Portugal pada 24-30 April 2023.

Tim Kempo Indonesia total mendapat lima medali emas, 10 perak dan 13 perunggu sehingga total ada 28 medali yang diraih dalam ajang tersebut. Berkat hasil itu Tim Kempo Indonesia finis keempat untuk seluruh kontingen di kejuaraan dunia kempo kali ini.

Selain itu, Tim Kempo Indonesia keluar sebagai peringkat kedua untuk nomor tradisional kempo. Tim Kempo Indonesia juga menduduki peringkat kelima di nomor fighting kempo.

Berkat pencapaian tersebut Wakil Ketua Umum Senior Pengurus Pusat Federasi Kempo Indonesia (PP FKI), Timbul Thomas Lubis merasa sangat senang. Apalagi, Tim Kempo Indonesia juga mampu finis di peringkat kedua nomor tradisional kempo.

Padahal, jumlah atlet Tim Kempo Indonesia lebih sedikit dibanding dengan negara lain yang berpartisipasi dalam ajang tersebut. Maka dari itu, Timbul Lubis memberikan sanjungan untuk atlet yang berjuang.

“Untuk tradisional, Indonesia mempertahannkan kedudukan kedua. Dengan jumlah atlet 21 orang, kita bisa mempertahankan kedudukan di kejuaraan dunia sebelumnya. Adapun juara pertama Spanyol yang turun dengan 79 atlet,” kata Timbul Lubis kepada awak media, Selasa (2/5/2023).

“Jadi kalau jumlah atlet kita dua kali dari yang sekarang, bukan tidak mungkin kita jadi juara satu. Sejatinya kita punya kstarianya yang banyak, tapi keterbatasan dana menjadi kendala,” Timbul Lubis menambahkan.

Timbul Lubis menyatakan PP FKI di bawah kepemimpinan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk Kejuaraan Dunia pada April tahun depan. Ajang tersebut bakal diselenggarakan di Antyla, Turki.

“Mudah-mudahan kejuaraan dunia di Turki 2024, kami akan bisa lebih fokus karena dari segi biaya jumlahnya lebih murah. Jadi atlet yang kita kirim bisa banyak dan nomor yang kita menangkan juga bertambah,” ucapnya.

“Kami mengharapkan dengan pembinaan bertahap nanti di 2024 akan mengikuti kejuaraan dunia di Turki, dan bisa mengirimkan atlet terbaik lagi. Dan untuk turnamen terdekat ada Kejuaraan Asia, kami akan kirim atlet-atlet muda,” ia melanjutkan.

Di sisi lain, Timbul Lubis menyebut Indonesia melalui PP FKI telah mendapatkan status full membership dari International Kempo Federation (IKF). Ada 34 negara yang berada di dalamnya.

“Setelah kami jadi full member, saya memberikan masukan bahwa kejuaraan sudah bagus tapi rules-nya belum berjalan baik. Dan mereka setuju semua bahwa kami diberi tugas untuk membuat semua rules untuk IKF. Jadi kita akan buat peraturan yang lengkap,” tuturnya.

“Juri juga tidak sembarangan dan juga harus ada lembaga untuk protes terhadap ketidaksesuaian di aturan. Oleh karena itu, aturannya lebih dulu dibentuk. Jadi mudah-mudahan di kejuaraan selanjutnya ada aturan yang benar-benar sesuai Olympic Charter,” ia menambahkan.

Daftar Peraih Medali di Kejuraan Kempo 2023:

Emas :
1. Halimah – Kata
2. Kevin, Doni, Riswan – Sincronice
3. Doni/Syila – Self Defense
4. Dirhamsyah – Full Kempo
5. Dirhamsyah – Kick Down

Perak :
1. Kevin – Semi Kempo
2. Dio/Ansori/Helga – Sincronice 21 – 38
3. Rudy/Rauf/Dirhamsyah – Sincronice Senior Master
4. Rudy/Rauf – Self Defense Senior Master
5. Haspriadi – Full Kempo
6. Kevin/Doni – Self Defense 18 – 20
7. Muthia/Tia – Self Defense 16 – 18
8. Dirhamsyah – Semi Kempo
9. Annisa/Neta – Self Defense Female 16 – 18
10. Annisa/Akyla/Neta – Sincronice Female 16 – 18

Perunggu :
1. Helga – Kata Male 21 – 38
2. Helga/Ansori – Self Defense Male 21 – 38
3. Dio/Syila – Self Defense Mix 21 – 38
4. Fajar/Adib – Self Defense 16 – 18
5. Adib/Neta – Self Defense Mix 16 – 18
6. Adib/Fajar/Zylane – Sincronice 16 – 18
7. Putri/Muthia/Tia A – Sincronice Female 16 – 18
8. Syila/Lovita/Halimah – Sincronice Female 21 – 38
9. Muthia/Tia A – Self Defense Female 16 – 18
10. Ansori – Semi Kempo Male 21 – 38
11. Fajar – Semi Kempo 16 – 18
12. Adib – Semi Kempo Male 16 – 18
13. Annisa/Neta – Self Defense Female 16 – 18

Muhaimin