blank
Tim PPTI Kabupaten Jepara dibawah komando dr.Dwi Susilowati selaku ketua pengurus PPTI Kabupaten Jepara dan dr. Nur Kukuh, M.Kes selaku Dewan Kehormatan PPTI melakukan verifikasi lapangan (Foto: Owie)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Program Eliminasi TBC tahun 2030 oleh pemerintah pusat yang di percepat menjadi tahun 2028 di tangkap dengan gerak cepat oleh PPTI ( Perkumpulan Pemberantasan Tubercolusis Indonesia ) Kabupaten Jepara. PPTI mengadakan lomba Pemberantasan TBC PKK desa antar PKK kecamatan se Kabupaten Jepara yang diikuti 16 peserta.

Dari 16 peserta i ambil 8 besar dengan kriteria dokumen terbaik untuk dilakukan verifikasi lapangan. Masuk dalam 8 besar yaitu : PKK desa Ngeling, Kecamatan Pecangaan, PKK desa Kalipucang Wetan Kecamatan Kec.Welahan, PKK desa Blimbing Rejo Kecamatan Nalumsari, PKK desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo,PKK desa Bulungan Kec Pakis Aji, PKK desa Bawu Kec.Batealit, PKK desa Jeruk Wangi Kec.Bangsri dan PKK desa Tunahan Kecamatan Keling

blank
Tim PPTI Kabupaten Jepara melakukan verifikasi lapangan (Foto: Owie)

Secara marathon 3 hari berturut – turut, di mulai hari Selasa, 02 Mei 2023 sampai hari Kamis, 04 Mei 2023 Tim PPTI Kabupaten Jepara dibawah komando dr.Dwi Susilowati selaku ketua pengurus PPTI Kabupaten Jepara dan dr. Nur Kukuh, M.Kes selaku Dewan Kehormatan PPTI melakukan verifikasi lapangan ke 8 desa untuk menentukan 4 besar yang dinyatakan sebagai pemenang lomba yang akan di tampilkan di acara Car Free Day besuk tanggal 14 Mei 2023.

Pada kunjungan verifikasi lapangan putaran terakhir Kamis, 04 Mei 2023 di Desa Jerukwangi di sambut antusias oleh Petinggi dan jajarannnya, tim penggerak PKK desa, kader desa dan dari petugas puskesmas.

Dalam sambutannya dr. Dwi Susilowati menyampaikan perlunya kerjasama antar semua pihak, baik dari perangkat desa, PKK desa , kader desa, petugas puskesmas untuk satu komitmen bersama dalam pemberantsan TBC menuju eleminasi TBC tahun 2028 dengan Slogan TOSS TBC ( Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis )

Selanjutnya tim PPTI melakukan melakukan wawancara dengan petinggi,tim penggerak PKK desa dan Kader TBC tentang upaya – upaya yang dilakukan dalam rangka pemberantasan penyakit Tuberkolusis yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke pasien penderita TBC. Dalam kunjungannya Tim PPTI menanyakan tentang keluhan pasien, siapa yang mengawasi minum obat, bagaiamana peran kader dalam upaya penyembuhan TBC .

Tim PPTI juga melihat kondisi lingkungan rumah, bagaimana pencahayaannya, ventilasinya, apakan perlu penambahan cahaya, seperti genting kaca dll, sehingga semua warga desa terbebas dari penyakit TBC

Hadepe – Owie PPTI Jepara