blank
Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz (kelima dari kiri) bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati (ketiga dari kiri), Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Fardhi Sjahrul Ade (kedua dari kiri), beserta jajaran Forkompimda Kabupaten Rembang bersama – sama melaunching Hampers Berkah Idul Fitri Rumah BUMN Rembang. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) –UKM binaan Rumah BUMN (RB) Rembang berhasil menjual produk 3.646 paket hampers dengan total nilai transaksi lebih dari Rp 434 juta selama bulan Ramadan lalu.

Penjualan produk ini melalui program “Hampers Berkah UKM Rembang” yang difasilitasi oleh PT Semen Gresik dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Rumah BUMN berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Rembang, Forum UMKM Rembang, instansi swasta, dan komunitas yang secara masif mendukung program belanja produk parsel lebaran tahun 2023.

Senior Manager Communication and CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata, menyatakan bahwa pemesanan hampers lebaran setiap tahunnya terus mengalami peningkatan secara bertahap, ini menunjukkan progres bisnis UMKM binaan yang RB Rembang tetap tumbuh menggeliat, serta sukses mempertahankan kualitas produk yang diminati masyarakat.

“Sejak diluncurkan awal April lalu, penjualan Hampers Berkah UKM Rembang mendapatkan respons positif dari para konsumen. Strategi kolaborasi dan hard selling atau jemput bola yang kami terapkan, ikut membantu kenaikan penjualan,” kata Dharma dalam siaran persnya, Rabu (3/5/2023).

blank
Potret Serang pelaku UKM binaan menunjukkan produknya di Etalase Hampers Berkah UKM di Gedung RB Rembang. Foto: Humas SG

Diakui Dharma, RB Rembang sudah menjadi rumah besar bersama bagi ratusan UKM binaan di wilayah operasional perusahaan. Sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi, RB Rembang selama ini memberi kontribusi meningkatkan kapasitas UKM sehingga produk yang dihasilkan bisa masuk standar pasar-pasar modern.

Dari data, menurutnya penjualan hampers lebaran setiap tahunnya mengalami kenaikan secara fluktuatif, pada tahun 2021 total transaksi penjualan sebesar Rp 370 juta dan di tahun 2023 kembali mengalami kenaikan serta mencatatkan rekor tertinggi sebesar Rp 424 juta dengan 3646 paket hampers terjual.