blank
Suasana stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta selama masa angkutan Lebaran 2023 Foto: Daop6Yk

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT KAI Daop 6 Yogyakarta melayani 833.444 pelanggan dalam kurun waktu 12 April sampai 3 Mei 2023 atau selama masa angkutan Lebaran 2023.

Pelanggan yang terlayani terdiri  409.839 pengguna jasa  yang berangkat dari seluruh stasiun di Daop 6 Yogyakarta. Sedangkan yang turun atau datang di seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta adalah sebanyak 423.605 pelanggan.

“Pelanggan yang berangkat dari stasiun Daop 6 pada masa angkutan Lebaran 2023 dikatakan meningkat 32 persen dibanding tahun 2022. Pada masa angkutan lebaran tahun 2022 tercatat 310.177 pelanggan berangkat dari stasiun di Daop 6. Rute favorit pelanggan di wilayah Daop 6 ini adalah ke Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang,” kata Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, Kamis (4/5/2023).

Stasiun Yogyakarta, lanjut Franoto Wibowo, menjadi stasiun terpadat di wilayah Daop 6 dengan total volume sebanyak 321.714 pelanggan. Rinciannya yakni  keberangkatan 158.129 pelanggan dan kedatangan 163.585 pelanggan.

Berikutnya stasiun Lempuyangan dengan volume kepadatan 166.088 pelanggan, Stasiun Solobalapan 151.160 pelanggan, Stasiun Klaten 64.371 pelanggan, dan Stasiun Purwosari 55.558 pelanggan.

Angkutan Lebaran 2023 menggunakan kereta api di Daop 6 secara umum berjalan dengan lancar. Tidak ada gangguan berarti yang mengakibatkan kereta api terhambat.

Barang Tertinggal

KAI Daop 6 mencatat, tingkat ketepatan waktu KA yang berangkat dari Daop 6  pada masa angkutan lebaran 2023 mencapai 99,97 persen. Selama masa Lebaran tidak ada kecelakaan KA alias Zero Accident. Selain itu KAI Daop 6 Yogyakarta telah mengembalikan 29 barang pelanggan yang tertinggal dengan taksiran nilai sebesar Rp 80.200.000.