Para murid dan guru dari SMK Pancasila-2 bersama prajurit TNI dari Koramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri, kerja bakti membersihkan Taman Makam Pahlawan, halaman Kantor Camat dan Terminal.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Secara nasional, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dilaksanakan serentak Selasa (2/5) di seluruh Tanah Air. Baik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan di semua satuan pendidikan atau sekolah.

Tapi rangkaian kegiatan peringatan di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Rabu 3/5), masih berlanjut. Yakni melalui kegiatan Baksos kerja bakti membersihkan lingkungan Taman Makam Pahlawan (TMP), halaman Kantor Kecamatan dan area Terminal Jatisrono.

Kerja bakti pembersihan lingkungan ini, dilakukan para murid dan guru dari SMK Pancasila-2 Jatisrono bersama jajaran prajurit TNI dari Koramil-14/Jatisrono yang dipimpin langsung Danramil Kapten (Inf) Hengky Nurcahyadi.

Tujuannya, untuk menanamkan sikap peduli generasi muda kepada lingkungannya. Melalui Baksos kerja bakti bersih-bersih lingkungan ini, kepada para generasi muda penerus bangsa ditanamkan perilaku budaya hidup bersih dan sehat. Juga menjadi media menumbuhsuburkan sikap gotong royong, bahu-membahu saling membantu.

Sementara itu dari Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, Danramil-04 Kapten (Inf) Budi Utama, melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, upacara Hardiknas tingkat kecamatan digelar di Lapangan sepak bola depan Kantor Kecamatan Nguntoronadi.

Upacara Hardiknas Ke-64 Tahun 2023 mengambil tema ”Merdeka Belajar.” Diikuti oleh para guru, murid dari berbagai jenjang sekolah, tenaga kependidikan, para kepala dinas instansi tingkat kecamatan dan Forkompimcam.

Bambang Pur