Supandi yang eprtama kali mebuka sekolah ini kemudian menjadi kepala sekolah pertama SD Kanisius Tlogosari Kulon. Foto: wied

SEMARANG (SUARABARU.ID) – SD Kanisius Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang merayakan ulang tahunnya yang ke-33, Selasa 2 Mei 2023. Perayaan ditandai dengan misa yang dipimpin Romo Thomas Ariwibowo diikuti segenap siswa, para guru, dan mantan guru yang sudah purna di SD Kanisius yang berlokasi di Jalan Malangsari, Tlogosari Kulon Semarang.

Menurut Kepala Sekolah SD Kanisius Tlogsari Kulon Khatarina Ika Wardhani S.Psi, sekolah ini berdiri pada 1 Mei 1990, tetapi karena tnggal 1 Mei libur, peringatan dijatuhkan pada tanggal 2 Mei, sekaligus merayakan Hari Pendidikan Nasional dan HUT Kota Semarang.

Hadir dalam acara perayaan ini Supandi, pendiri sekaligus kepala sekolah pertama SD Kanisius Tlogosari Kulon ini. Juga para guru yang sudah purna dan guru-guru yang pernah mengajar di sekolah ini tetapi sudah pindah di sekolah lain.

Dalam kesempatan itu, Supandi di depan para siswa, guru, dan undangan menuturkan bagaimana sekolah ini dulu berdiri. “Saya dulu ditugasi oleh Yayasan Kanisius untuk membuka sekolah ini. Bukan sebagai kepala sekolah,” tuturnya.

Kepala Sekolah pertama Supandi menyerahkan potngan tumpeng kepada Kepala SD Kanisius Tlogosari Kulon Khatarina Ika Wardhani. Foto: wied

Dikatakan, pada awalnya bangunan hanya dua lokal untuk kelas 1 SD dan TK. “Awalnya hanya punya murid kelas 1 sebanyak 50 orang dan TK 10 orang. Sekarang sudah berkembang, murid SD-nya ada 483 orang dan TK A dua kelas TK B dua kelas dan satu kelas KB yang total muridnya sebanyak 150 orang,” ujar Supandi.

Guru-Guru Lama

Hadir juga penjaga sekolah yang dikenal dengan panggilan Pak Pur, yang merupakan ayah pemain bola Eko Purjianto yang pernah memperkuat tim PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya dan PSIS Semarang. “Sekarang Eko Purjianto jadi pelatih di Kamboja,” tutur Pak Pur yang datang bersama istrinya.