JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta para guru supaya tak egois dalam mengejar karier pribadi. Hal itu disampaikan untuk mempertegas konsep besar penerapan Kurikulum Merdeka dengan platform Merdeka Mengajar.

Demikian disampaikan Pj. Bupati pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun Jepara 1. “Tuntun mereka (red: murid) sesuai bakat, minat, dan potensinya,” ujar Edy Supriyanta, Selasa (2/5/2023).

Bagi pendidik, platform Merdeka Mengajar dimaksudkan agar mereka berlomba-lomba berbagi dan berkarya. Namun, Pj. Bupati menandaskan, hak-hak peserta didik supaya tetap dipenuhi. “Saya mendukung upaya pengembangan diri dan karier guru, tapi jangan lupakan hak peserta didik untuk ikut berbagai lomba dan kejuaraan,” tandas Edy.

Oleh karena itu, peringatan Hardiknas ini diminta supaya dijadikan momentum pemantik semangat mewujudkan merdeka belajar. Harapannya semakin banyak muncul Pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter, serta mampu membawa daerah dan negeri ini melompat ke masa depan.

“Kepada para guru dan dosen, saya titip, didiklah anak-anak Jepara menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter,” kata dia.

Pelaksanaan upacara bendera kala itu, sekaligus dalam peringatan ke-27 Hari Otonomi Daerah. Jalannya kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan melibatkan peserta seribuan pelajar dan pegawai instansi. Ada pula penganugerahan apresiasi bagi pemenang lomba.

Tak sebatas seremoni, dalam acara ini sejumlah sekolah serta organisasi lain tampil menyuguhkan beragam kesenian. Mulai dari aksi pentas panggung hingga demonstrasi mengukir kayu. Termasuk suguhan bazar pemeran karya di seputaran lapangan alun-alun.

Hadepe – kmf

(DiskominfoJepara/AP)