blank
Salah seorang personel Damkar Pemkab Wonogiri, berusaha memasukkan ujung slang penyemprot air ke dalam kamar, untuk mencapai titik pusat berkobarnya api.(Dok.Damkar Pemkab Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rumah kediaman milik Kepala Kelurahan (Lurah) Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (29/4) terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka, karena api cepat dipadamkan oleh personel piket Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri.

Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, mengatakan, laporan permintaan pemadaman masuk ke kantor Pukul 09.30. Begitu mendapatkan kontak permintaan pemadaman, piket Damkar Regu 1 Pimpinan Suparno Paing segera meluncur lokasi untuk melakukan pemadaman.

Sekitar 10 menit, Regu Damkar telah tiba di lokasi kebakaran. Yakni di rumah milik Lurah Wonokarto, Joko Wibowo, di RT 2/RW II Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Letaknya tidak jauh dari SMA Negeri 2 Wonogiri.

Dengan sekaligus mengerahkan dua mobil brandweer ke lokasi, petugas melakukan pemadaman sampai Pukul 10.10. Pemadaman dilakukan bersama personel TNI dari Koramil-01 dan dari Polsek Wonogiri Kota, dibantu oleh warga masyarakat sekitarnya.

Pimpinan UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, kebakaran di rumah Lurah Wonokarto tersebut, menjadi kejadian ke 9 yang ditangani Damkar selama periode Januari-April 2023.

Api kebakaran di rumah Lurah Wonokarto, Joko Wibowo, berhasil dipadamkan secara cepat, sehingga tidak berkobar membakar seluruh rumah. Api kebakaran berhasil dikendalikan hanya membakar salah sebuah kamar, tidak sampai merembet dan meluas.

Pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Diduga, karena terjadi konsleting listrik pada jaringan di dalam kamar. Saat kejadian, pemilik tengah pergi sarapan ke warung soto yang tidak jauh dari rumah. Ada yang menyebutkan, itu dipicu oleh hubungan arus pendek pada kabel pengisian batrei ponsel atau charge the phone yang dilakukan di atas kasur di dalam ruang kamar tidur.

Bambang Pur