Oleh : Deny Ana I’tikafia

Bulan April, selalu menjadi moment yang penting untuk semua relawan Aisyiyah dimanapun berada, tidak terkecuali di tahun 2023 ini pada hari jumat tanggal 21 April bertepatan dengan HUT Kartini yang ke 144. Diharapkan Hari Kartini tahun ini menjadi momentum Perempuan Bangkit dan Berkontribusi untuk Bangsa.

Pada muktamar ke – 48 Muhammadiyah, Aisyiyah tegaskan tekad dorong kemajuan pergerakan Kaum Perempuan, bertema,”Perempuan Berkemajuan, Mencerahkan Peradaban Bangsa”.

Disamping itu pada hari Sabtu 22 April merupakan hari bumi. Tema di tahun 2023 yaitu Invest in Our Planet yang artinya Berinvestasi di Planet Kita, Bumi Kita Masa Depan Kita.

Sedangkan pada Rabu 26/04/2023 adalah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN|). Relawan Aisyiyah pun turut mendukung kegiatan ini, tidak terkecuali Divisi Lingkungan Hidup LLHPB Jawa Tengah.
Kegiatan di periode tahun 2023 sd 2027, banyak PR yang harus dikerjakan dalam naungan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah yang dikenal GMPS, yang baru 2 tahun di inisiasi, bekerja sama dengan Majelis Lingkungan Hidup MLH PWM Jawa Tengah.

Turut mendukung Kegiatan Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah yang dikenal dengan MDMC, karena GMPS merupakan salah satu kegiatan mitigasi bencana. Kegiatan yang dilakukan diantaranya menanam pohon dengan sistim pola asuh yaitu menanam tidak asal ditanam dan ditinggal begitu saja, namun diserahkan untuk dirawat, agar menjadi pohon yang kuat dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Resiliensi adalah kemampuan seseorang dalam mengatasi, melalui dan kembali kepada kondisi semula setelah mengalami kejadian yang menekan (seperti musibah besar,bencana ataupun krisis darurat kesehatan). Relawan Aisyiyah diharapkan siap untuk menjadi pribadi yang berkarakter resiliensi.

Meskipun gempa yang terjadi di laut jawa, memiliki karakteristik secara umum tidak berpotensi tsunami, guncangan dapat dirasakan, peluang gempa susulan juga kecil, namun perlu perencanaan mitigasi gempa bumi dan tsunami yang tepat untuk mengurangi dampak.

Sesuai dengan tema HKBN tahun 2023,”Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Resiko Bencana,Kedepan banyak agenda dalam mengelola GMPS, bekerjasama dengan berbagai majelis, lembaga maupun ortom, juga para simpatisan warga Muhammadiyah, harus tetap berjalan dan berkolaborasi dengan fihak manapun.

Mari rapatkan barisan, untuk mewujudkan kegiatan mendukung HKB, yg puncak acaranya akan digelar pada tanggal 10 sampai 11 Mei 2023 mendatang di Lamongan Jawa Timur.Fastabiqul Khairat,Aisyiyah Siap Untuk Selamat.

Penulis adalah Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah