Chafidz Albar, salah satu tenaga bantu kesehatan memberikan pelayanan kesehatan kepada salah satu penumpang mudik di Posko Mudik Lebaran di Stasiun Poncol, Semarang. Foto : Dok Absa 

SEMARANG (SUARABARU.ID) Tiga Puskesmas Kota Semarang memberikan pelayanan kepada pemudik, di Posko Mudik Lebaran yang didirikan Dinas Kesehatan Kota Semarang, sejak 19 April hingga 30 April 2023 mendatang.

Pelayanan kesehatan itu difasilitasi dengan beberapa tenaga kesehatan dan diberikan kepada pemudik penumpang kereta api yang mengalami mabok darat, dibuka sejak pagi hingga malam hari.

“Pelayanan yang diberikan dibagi menjadi 2 sifth. Untuk pagi hari mulai jal 07.00 WIB hingga jam 14.00 WIB. Sedang shift kedua mulai jam 14.00 WIB hingga jam 21.00 WIB,” jelas Chafidz Albar, salah satu tenaga bantu kesehatan Posko Mudik di Stasiun Poncol.

Sedang pelayanan kesehatan yang diberikan, lanjutnya, meliputi tes gula darah, tensi, swab antigen dan kestrad (kesehatan tradisional) dan akupuntur untuk penumpang KA yg mengalami pusing, mual, mutah dan mabok transportasi darat.

“Ini kerja sama Dinkes Kota Semarang dengan PT KAI. Dan Puskesmasnya berasal dari Puskesmas Poncol, Puskesmas Miroto dan Puskesmas Pandanaran,” imbuh Chafidz.

Dikatakan pula oleh warga Krobokan Semarang ini, rata-rata penumpang yang dilayani oleh Posko Mudik di stasiun Poncol ini, per hari bisa mencapai 5-10 penumpang yang diberikan pelayanan kesehatan.

Posko Mudik yang dibuka di stasiun Poncol Semarang, berikan layanan khusus untuk pemudik penumpang kereta api yang mengalami mabok darat sejak 19 April hingga 30 April 2023.

 Absa