blank
Jamaah Salat Ied 1444 H/2023 M di depan Makodim 0728 Wonogiri, memenuhi Jalan Jenderal Sudirman yang menjadi bagian dari ruas jalan protokol Kota Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Memasuki 1 Syawal Idul Fitri 1444 H/2023 M, umat Islam diajak untuk mampu membawakan kesucian, yakni melalui upaya membersihkan diri, jiwa dan pikiran, guna meminimalisir kemaksiatan.

Ajakan itu, Jumat (21/4), disampaikan Ustadz M Yulianto SAg, MAg, saat tampil menjadi Katib pada Salat Ied di depan Makodim 0728 Wonogiri. Imam Salat Ied dipercayakan kepada Ustadz M Yusfarizal Makrufi.

”Mohon maaf Bapak Ibu, waktu mulai Salat Ied terpaksa kami undur sedikit, untuk memberikan kesempatan jamaah yang baru datang, yang jumlah jemaahnya kali ini lebih banyak dibanding tahun lalu,” ucap Panitia Salat Ied Abdul Karim melalui mesin pelantang suara. Mengatakan demikian, dia seraya menyilahkan mereka yang baru datang segera mengambil tempat.

Jamaah Salat Ied tersebut memenuhi halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) Nyawiji Wonogiri, menempati ruas Jalan Jenderal Sudirman depan Makodim 0728 yang merupakan bagian  jalan protokol Kota Wonogiri, dan sebagian memadati halaman Kantor Bank BNI 46 Wonogiri.

Sebagai Katib, M Yulianto yang mantan Komisioner KPU Kabupaten Wonogiri, menyatakan, ibadah puasa merupakan ibadah rahasia penuh kepasrahan umat kepada Allah SWT. Ini menjadikan diri Umat Islam sebagai insan yang mutaqin. untuk senantiasa berpikir positif dalam upaya meraih kemuliaan.

Bertaubat

Kata M Yulianto, sebaik-baik sikap adalah yang senantiasa berdoa, memohon ampunan dan bertaubat untuk tidak mengulangi kesalahannya. Melalui momentum saling maaf memaafkan di Hari Raya Idul Fitri, dosa-dosa diampuni dan kesalahan menjadi lebur.

Sebagaimana diberitakan kemarin, Ketua dan Sekretaris Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, Drs Kusman Thoha MPd dan Drs Asfari, menyatakan, menggelar serentak Salat Ied 1444 H/2023 M pada Hari Jumat (21/4) di 126 lokasi.

Salat Ied di depan Makodim 0728 Wonogiri, menjadi salah satu yang digelar untuk wilayah Ibukota Kabupaten Wonogiri, disamping di Pringgondani Wonokarto dengan Imam dan Katib Ustadz Luftfi Baihaqi dan Katib oleh Drs Sugiyono MP, serta di Lapangan Bantarangin dengan Imam dan Katib Ustadz Toyib dan Katib oleh Subandi Pr SPd.

Di lokasi Pringgondani Wonokarto dan di Lapangan Bantarngin, Sabtu besok (22/4), juga akan digelar Salat Ied lagi dengan Imam dan Katib yang berbeda. Yakni untuk di Pringgondani Wonokarto diimami oleh Abdurrahman dan Katib oleh Kurnia Pramujiharso SSos. Kemudian di lapangan Bantarangin akan menampilkan Suryo Dwo Pramono SAg dan Imam dari Pondok Pesantren (PP) Baitul Quran.

Rencana Salat Ied Sabtu (22/4) besok di Kota Wonogiri bertempat di Halaman Masjid At Taqwa depan Kantor Bupati Wonogiri dengan Imam dari MUI dan Katib oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Wonogiri KH M Zaenal Abidin.
Untuk Salat Ied 1444 H/2023 M Sabtu besok (22/4) di Lapangan Sukorejo depan Mapolres Wonogiri yang lama, akab menampilkan Imam Ustdaz Asrori SPdI Al Hafidz dan Katib Ustadz Ali Sodiqin SAg, MPdI.

Bambang Pur