blank
Muh Danusiri menyampaikan khotbahnya, di halaman depan Masjid Taqwa Muhammadiyah Jateng, yang ada di komplek Unimus Semarang, Jumat (21/4/2023). Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sekitar seribuan warga Muhammadiyah serta kaum Muslim dari segala penjuru di Kota Semarang, melaksanakan Shalat Id di Masjid Taqwa, yang ada di Komplek Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Jumat (21/4/2023). Selaku Imam dan Khatib, KH Drs Muh Danusiri MAg.

Suasana Shaat Id di halaman depan Masjid Taqwa ini, benar-benar khusuk. Terlebih, di kampus ini banyak ditanami puluhan pohon yang sangat rimbun. Jamaah putra dan putri pun, berjajar rapi di sela-sela pepohonan.

Dalam khotbahnya, Muh Danusiri menyampaikan, masing masing komponen bangsa harus mau berkorban, yang menurut bahasa agama adalah bersedekah. Menurutnya, inti sedekah adalah, mendermakan sesuatu dari diri sendiri, untuk orang lain.

BACA JUGA: Koordinasi dan Manajemen Berjalan Bagus, Arus Mudik Terpantau Lancar

blank
Sejumlah jamaah dengan tekun mendengarkan uraian yang disampaikan Imam dan Khatib Shalat Id, KH Drs Muh Danusiri MAg. Foto: spr

”Sedekah identik dengan berusaha dan berkurban, untuk menuju perubahan. Hal itu dimaksudkan, untuk perubahan yang lebih menggembirakan. Perubahan menuju pada puncak kemuliaan, dan perubahan segalanya,” tutur Danusiri.

Ditambahkan dia, agar perubahan yang berkemajuan itu berjalan dengan lancar, maka kewaspadaan bukan hanya dipertahankan saja, melainkan harus ditingkatkan.

Didapat keterangan dari pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng, menyebutkan, Shalat Id yang dilaksanakan Jumat (21/4/2023), berlangsung hampir di semua lokasi di Jateng. Hal itu sejalan dengan keputusan PP Muhammadiyah, yang menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, jatuh pada hari ini.

Sigit Pr