blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat memantau proses pengaspalan jalan di malam hari. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau lebaran, beberapa ruas jalan di wilayah kota Wonosobo diaspal dengan mulus.

Pengaspalan jalan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat, karena sebelumnya jalan dalam kondisi rusak. Terdapat lubang di sana sini dan mengganggu pengguna jalan.

Ruas jalan yang diaspal meliputi Jl Resimen 18, Jl Seokarno Hatta, Jl Veteran, Jl Sidomulyo, Jl Sudagaran dan Jl Manglongsari. Pengaspalan dikebut hingga malam hari untuk mengejar saat lebaran tiba sudah selesai.

Proses pengaspalan jalan mendapat pantauan langsung dari Bupati Afif Nurhidayat, Kepala DPUPR Nurudin Ardiyanto dan Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Riza Afton. Usai shalat tarawih mereka menyaksikan pengaspalan jalan di Jl Resimen dan Jl Manglongsari.

Menurut Afif, momen mudik lebaran Idul Fitri 2023 dan juga keramaian warga yang berbelanja di sekitar kawasan kota Wonosobo, termasuk di Pasar Induk dan beberapa swalayan modern membutuhkan akses jalan yang baik.

Maka Pemkab Wonosobo menyambut para pemudik dan warga yang akan belanja dengan perbaikan fasilitas jalan sebagai bentuk kesiapan menyambut pengguna jalan yang akan ke menyambut lebaran atau merayakan Idul Fitri 1444 H.

“Setelah dilakukan pengaspalan dan perbaikan jalan di kawasan kota nanti jalan-jalan yang masuk kewenangan kabupaten seperti di kawasan wisata hingga desa juga akan segera diperbaiki,” katanya.

Keluhan Turun

blank
Proses pengaspalan jalan di Wonosobo jelang lebaran di malam hari. Foto : SB/Muharno Zarka

Perbaikan jalan tersebut, lanjutnya, sangat mendukung pelayanan untuk keselamatan pengguna jalan. Jika semua fasilitas baik, maka akan sangat mendukung pengembangan ekonomi daerah dan masyarakat.

Terkait kondisi jalan di wilayahnya, warga diharapkan melek informasi dan memahami apa yang sudah direncanakan pemerintah pemerintah daerah. Pihaknya juga telah menampung saran dan masukan masyarakat untuk perbaikan jalan yang rusak.

“Jumlah keluhan warga terkait kerusakan jalan turun setelah lihat realisasinya. Ini bagian dari check and ballance. Kami bangga dengan tim DPUPR yang kerjanya cepat dan cukup sigap. Mengingat target awal triwulan pertama serapan anggaran harus optimal,” imbuhnya.

Kepala Dinas PUPR Wonosobo, Nuruddin Ardiyanto menyebut bahwa beberapa ruas jalan dalam kota Wonosobo terakhir diperbaiki secara keseluruhan adalah 16-17 tahun lalu.

“Ditargetkan tahun ini sampai 2024 perbaikan jalan selesai. Ada 3 ruas jalan yang sudah selesai termasuk di Jl Perempatan Plaza, Jl Jaraksari, Jl Manglongsari, Jl Sidomulyo, Jl Resimen, perempatan Gereja dan seputar Alun-Alun,” terangnya.

Beberapa ruas seperti jalan Jl Serayu juga Jl Brugmenceng ditarget selesai sebelum hari H untuk lapis pertama. Sehingga saat lebaran, beberapa ruas jalan utama di sekitar kota Wonosobo sudah selesai pengerjaannya dan dalam kondisi mulus.

“Untuk pengerjaan pengaspalan seluruh ruas jalan selama 30 hari kalender terhitung hingga 10 Mei 2023. Pengerjaan pengaspalan dilakukan dalam 2 lapis setebal 6 centimeter dan 4 centimeter dengan total panjang jalan yang sudah aspal sekitae 2.405 meter,” katanya.

Muharno Zarka