Personel prajurit TNI bersama Anggota Polri, bersama mengangkat keranda usungan jenazah Pelda (Purn) Warto dari rumah duka, untuk dimakamkan dengan upacara militer.(Dok.Pemdim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemakaman jenazah Pelda (Purn) Warto, dilaksanakan dengan upacara militer. Keranda usungan jenazahnya diselimuti Bendera Merah Putih, dan diangkat oleh personel prajurit TNI-AD bersama anggota Polri yang mengenakan seragam Pakaian Diunas Luar (PDL)..

Upacara pemakamannya digelar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Karangan, Desa Jeporo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Kamis (20/4) mengabarkan, sebagai prajurit TNI-AD, almarhum dulu berdinas di Koramil-15 Jatipurno Kodim 0728/Wonogiri sampai dengan memasuki masa pensiun.

Tampil menjadi Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0728/Wonogiri Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod, dengan Komandan Upacara Lettu (Inf) Budiono selaku PGS Danramil-15/Jatipurno dan Perwira Upacara dipercayakan kepada Paripres Kodim 0728 Wonogiri Kapten (Cpm) Soeparmin.

Mewakili jajaran TNI khususnya Kodim 0728 Wonogiri, Kasdim, menyampaikan duka-cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Pelda (Purn) Warto. Sebagai prajurit TNI-AD, almarhum memiliki sederet tanda jasa kehormatan, dan karenanya prosesi pemakamannya diberikan penghormatan melalui upacara secara militer.

”Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT, dan ditempatkan ditempat yang layak disisi-Nya. Begitu juga dengan keluarga yang ditinggalkan, agar diberi kesabaran dan ketabahan,” pesan Kasdim Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod.

Menurut Kasdim, prosesi pemakaman melalui upacara militer ini, menjadi tradisi korps. Merupakan perwujudan dari penghormatan terakhir kepada almarhum.

Kepada para takziah, diminta untuk mengenang dan menghormati segala jasa-jasa almarhum, dalam kapasitasnya sebagai panutan dalam mengemban tugas negara dan bangsa. Juga memaafkan segala kesalahan dan kekhilafannya, serta mendoakan almarhum semoga mendapat tempat yang lebih baik di sisi Allah SWT.

Hadir menjadi peserta upacara, para personel prajurit TNI-AD dari jajaran Kodim 0728/Wonogiri. Juga hadir para kerabat dan masyarakat. Prosesi pemakaman berlangsung hikmad dan penuh keharuan.

Bambang Pur