Bersamaan dengan tugas pengamanan dan pengecekan ke Pos Lebaran, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (pegang tongkat komando) menyalami para pemudik yang semalam datang di Terminal Giri Adipura.(Dok.Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kedatangan awal arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M di Wonogiri, semalam, dilaporkan mencapai sebanyak 3.462 orang diangkut 127 bus. Disebut pemudik awal, karena mereka mendahului masa libur lebaran yang oleh pemerintah dimulai Rabu hari ini (19/4) sampai dengan Rabu (26/4) mendatang.

Mereka umumnya merupakan pemudik yang memanfaatkan pelayanan gratis yang disediakan oleh sejumlah instansi pemerintah. Yang pulang dari kota perantauan untuk merayakan Lebaran Idul Firtri bersama keluarga di kampung halamannya.

Semalam, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, melakukan peninjauan ke Pos Pam di depan Pasar Wonogiri Kota dan pengecekan kedatangan pemudik di Pos Terpadu di Terminal Induk Giri Adipura di Krisak, Selogiri, Wonogiri.

Dalam tugas pengamanan dan pengecekan ke Pos Lebaran itu, Kapolres didampingi Kasat Lantas AKP Maryono bersama KBO Satlantas dan Perwira Polres. Kedatangan Kapolres, disambut Kepala Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto bersama personel piket.

Kepada Kapolres, dilaporkan kedatangan awal pemudik yang menggunakan moda darat jenis angkutan Bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) dan Bus Pariwisata sebanyak 3.462 orang yang diangkut dengan 127 bus. Data kedatangan pemudik ini, dicatat dari penjumlahan kedatangan pada Hari Selasa (18/4) mulai Pukul 15.00 sampai dengan 23.00 di Terminal Induk Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri.

Perinciannya, sebanyak 17 bus dari Jasa Raharja mengangkut sebanyak 587 Penumpang, 12 Bus Damri sebanyak 402 penumpang, 3 Bus dari BRI (111 penumpang), 11 bus dari Polri (467 penumpang), 3 bus dari TNI-AD (105 penumpang), 8 bus dari PLN (435 penumpang).

Saat diwawancarai Kapolres, sejumlah pemudik yang datang di Terminal Induk Giri Adipura menyatakan, perjalanan selama mudik dari Jakarta sampai ke Wonogiri, berjalan aman dan lancar.

Bambang Pur