Kapolresta Magelang (kiri) menyalami petugas pospam, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Menghadapi hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023 M, jajaran Kepolisian melaksanakan Operasi Ketupat Candi (OKC) selama 14 hari dari 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023. Kapolresta Magelang Kombes Kukuh Wicaksono meninjau beberapa pos, hari ini.

Dia mengecek kesiapan anggota, kelengkapan Pos Pam, serta kelengkapan perorangan anggota. ” Petugas pospam siap melayani pemudik,” katanya.

Saat berada di Pos Pam Salam, Kapolresta menunjuk Kapospam Ipda Rudy untuk memaparkan situasi serta kondisi wilayah serta kekuatan anggota yang bertugas.

“Setiap anggota harus betul-betul memahami karakteristik wilayahnya. Apalagi Kapospam, sehingga saat menjalankan tugas di lapangan akan tahu kita harus berbuat apa,” kata Kombes Pol Ruruh.

Karena operasi itu sifatnya pelayanan, setiap anggota diminta bekerja dengan humanis, namun tetap waspada. “Koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait,” pintanya.

Kapolresta juga menyampaikan, dalam OKC 2023 Polresta Magelang menerjunkan 477 personel. Terdiri 441 Polri/ 36 TNI, Dishub 10 personel, Satpol PP 15 personel, Kesehatan 10 personel, Damkar enam personel, serta BPBD 10 personel. Juga telah mendirikan enam Pos Pengamanan dan sebuah Pos Terpadu.

Ditandaskan, pelaksanaan tugasnya di sekitar area pospam dan lokasi rawan macet agar diberdayakan personel yang ada. “Tingkatkan kewaspadaan, serta menjaga kebersihan pospam. Selamat bertugas dan selalu semangat,” pungkas Ruruh.

Eko Priyono