blank
Menpora Ri, Dito Ariotedjo, menyerahkan piala kepada tim PSM, usai tampil sebagai juara kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Foto: kemenpora.go.id

PARE-PARE (SUARABARU.ID)– Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora Ri), Dito Ariotedjo mengatakan, suksesnya Liga 1 musim 2022/2023, menjadi salah satu komitmen pemerintah, untuk terus mengawal industrialisasi olahraga termasuk sepak bola.

Hal itu disampaikan Menpora Dito, saat memberikan sambutannya pada acara penutupan Liga 1 musim 2022/2023, di Stadion Gelora BJ Habibie, Minggu (16/4/2023) malam.

”Suksesnya Liga 1 tahun ini, sejalan dengan komitmen kami di Kemenpora, untuk selalu mengawal industrialisasi olahraga termasuk sepak bola, yang dapat membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat luas,” ujar Menpora Dito.

BACA JUGA: PSM Makassar Lengkapi Pesta dengan Gelar Pemain dan Pelatih Terbaik

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah juga terus mendukung lahirnya sebuah kompetisi berjenjang, yang sehat dan sportif. Terutama bergulirnya kembali Liga 2 dan 3, sehingga mampu memberikan dampak ekonomi luas dan merata di seluruh Indonesia.

Menpora Dito menilai, kompetisi kali ini bisa berjalan sukses, bila dihadiri banyak penonton. Meskipun masih ada catatan-catatan yang perlu diperhatikan, untuk dapat diperbaiki ke depannya.

”Kejadian Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan adanya korban jiwa, harus menjadi pelajaran bagi kita semua. Hal ini agar jangan sampai ada lagi tragedi dalam pertandingan olahraga apa pun, apalagi sampai mengakibatkan adanya korban jiwa,” harap dia.

Menurut dia, seperti arahan presiden, sepak bola harus menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. ”Kita mempunyai komitmen bersama, agar stadion maupun gelanggang olahraga dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat. Baik itu pria, wanita, orang tua, sampai anak-anak,” tandas Menpora Dito.

Riyan