Kepala SMPN 1 Padureso Kebumen Agus Mohammad Jumali menjadi pembicara pengajian menjelang Ramadan 1444 H, baru-baru ini.(Foto:SB/Humas SMPN1 Padureso)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan untukmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqorah : 183)

Bulan Ramadan disebut juga dengan Syahrut Tarbiyah (Bulan Pendidikan), karena selama satu bulan penuh umat Islam dididik dengan kewajiban menjalankan ibadah Puasa dengan segalai rangkaiannya untuk menjadi orang yang bertaqwa (Muttaqin).

Sehubungan dengan itu untuk memuliakan Bulan Ramadan 1444 H, SMP Negeri 1 Padureso, Kebumen, menggelar serangkaian kegiatan yang dikemas dalam Ramadan Kareem 1444 H.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari semua unsur sekolah dan masyarakat, kita adakan setiap bulan Ramadan,”ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Padureso Drs Agus Mohammad Jumali MPd dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Peserta didik SMPN1 Padureso mengikuti literasi Alquran mengisi Ramadan Kareem 1444H baru-baru ini.(Foto:SB/Humas SMPN1 Padureso)

Kegiatan yang bertemakan “mulia Bersama Al Qurán” terdiri atas Pengajian Jelang Ramadan (Pajero), Literasi Alquran, Salat Jamaah Dhuhur, Pesantren Ramadan, lomba fashion show, lomba khitobah dan pembagian tajil bagi masyarakat.

Menurut Hartono SPd. selaku Pembina OSIS SMP Negeri 1 Padureso, Ramadan Kareem 1444 H bertujuan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan membiasakan diri salat berjamaah, membaca Alquran dan membekali diri siswa dengan ilmu agama. Senada dengan itu, Supardi SPd, selaku Wakil Kepala Sekolah SMP N 1 Padureso mengatakan, bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan ukhuwah Islamiyah di antara peserta didik dan para pendidik, menjadi sumber motivasi bagi peserta didik dan menguatkan pemahaman tentang urgensi ibadah puasa bagi ummat Islam.

Kajian Fikih Puasa

Pengajian Jelang Ramadan (Pajero) dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Maret 2023 dengan narasumber Kepala SMP Negeri 1 Padureso, Drs Agus Mohammad Jumali M Pd. Dalam ceramahnya Jumali menjelaskan secara tuntas tentang Fikih Puasa, yang sangat penting dikatehui oleh peserta didik dalam persiapan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan 1444 H.

Sedangkan literasi Alquran dilaksanakan setiap pagi selama 30 menit di ruang kelas masing-masing dan dipendu oleh bapak dan ibu guru yang mengampu di jam pelajaran pertama.

Pesantren Ramadan dilaksanakan Kamis-Sabtu, tanggal 13-15 April 2023. Dalam kegiatan ini sebagai narasumber bapak dan ibu guru SMP Negeri 1 Padureso dan dari luar sekolah. Narasumber dari luar sekolah antara lain dari unsur Pengurus Komite (Ustad Paryoto) dan Ustad Fatah Banani dari unsur masyarakat.

Materi dalam Pesantren Ramadan lebih menekankan pada masalah ibadah praktis seperti thaharah dan salat fardlu. Menurut Supardi SPd, Wakil Kepala Sekolah dan narasumber materi salat jamaah, pemahaman dan pelaksanaan salat jamaah di kalangan peserta didik masih perlu ditingkatkan lagi.

Ketua OSIS SMPN1 Padureso Faizah membagikan takjil kepada warga pada Sabtu (15/4) lalu.(Foto:SB/Humas SMPN1 Padureso)

Sedangkan Ketua OSIS SMP Negeri 1 Padureso Faizah mengakui, semua rangkaian kegiatan Ramadan Kareem 1444 H yang dilaksanakan di sekolahnya sangat bermanfaat bagi peserta didik. Antara lain dapat menambah pengetahuan peserta didik tentang hikmah puasa Ramadan. Apalagi adanya narasumber dari berbagai unsur.

Masih menurut Faizah, kegiatan ini juga mampu mempererat silaturahmi di kalangan peserta didik, meningkatkan pemahaman tentang agama Islam. Dia berharap semua ilmu yang didapatkan siswa dalam kegiatan ini membawa keberkahan dan di tahun depan bisa lebih meningkat lagi.

Rangkaian kegiatan Ramadhan Kareem 1444 H SMP Negeri 1 Padureso ditutup dengan pembagian tajil gratis bagi masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di depan Polsek Padureso pada Sabtu (15/4). Masyarakat sekitar antusias dan bersyukur menerima tajil yang merupakan infak dari seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Padureso.

Komper Wardopo