blank
Ilustrasi mudik. Foto: Dok/PublicDomainPictures/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu termasuk orang yang gampang mabuk saat di perjalanan? Jika kamu gampang mabuk perjalanan, simak yuk tips-tips di bawah ini.

Dilansir dari Alodokter, mabuk adalah keadaan di mana kita merasakan tidak nyaman secara fisik, misalnya mual, muntah, pusing, kepala kliyengan, sakit kepala, sakit perut, dan lainnya saat melakukan perjalanan dengan transportasi udara, darat, maupun laut.

Kondisi ini mengakibatkan kamu tak bisa konsentrasi hingga akhirnya muntah. Keadaan ini akan mengakibatkan perjalanan kamu jadi terasa seperti neraka.

Bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan saat mudik? Kamu bisa menerapkan tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik berikut ini.

1. Istirahat

Jangan paksakan diri untuk melanjutkan perjalanan, istirahatlah terlebih dahulu di rest area. Minumlah teh tawar panas atau jahe panas. Hirup udara segar, tarik nafas secara perlahan, dan tenangkan diri.

2. Ubah posisi duduk

Kalau kamu menumpang transportasi umum, pasti sulit untuk minta istirahat di sembarang rest area. Maka, yang bisa kamu lakukan adalah mengubah posisi duduk. Ketika sudah merasakan gejala mabuk dalam perjalanan, coba untuk ubah posisi duduk.

3. Alihkan perhatian dengan hal-hal lain

Cara lain yang bisa meredakan gejala mabuk di perjalanan adalah mengalihkan perhatian. Misalnya kamu bisa mengajak orang lain untuk ngobrol, mendengarkan musik, dan lainnya.

4. Konsumsi peppermint

Untuk berjaga-jaga, sebelum berangkat, kamu bisa membeli permen mint. Permen rasa mint atau lemon dapat membantu meredakan mual dan muntah akibat mabuk perjalanan. Aroma mint dan lemon dapat membantu tubuh jadi lebih rileks.

5. Hirup aromaterapi

Bawalah aromaterapi seperti fresh care yang dapat meredakan rasa mual. Aroma yang umumnya ampuh untuk mengurangi rasa mual adalah lemon, peppermint, cengkeh, lavender, chamomile, dan mawar. Pilihlah salah satu yang sesuai dengan selera kamu dan tentu saja yang paling cocok untuk atasi rasa mual.

6. Minum obat mabuk

Kamu bisa persiapkan obat untuk mabuk perjalanan di tas kamu sebelum berangkat. Obat untuk mabuk perjalanan gampang diperoleh di apotek karena apotek pasti akan menyediakannya dalam bentuk kemasan yang mudah dikonsumsi. Kamu hanya perlu meminumnya kalau memang dbutuhkan.

Mabuk perjalanan memang bukan kondisi yang menyenangkan. Ini tidak berbahaya tetapi sangat mengganggu kenyamanan kita untuk melanjutkan perjalanan. Oleh karenanya, sebelum berangkat atau sebelum naik kendaraan sebaiknya persiapkan diri juga dengan sarapan. Makan makanan dan minuman yang cukup untuk menghangatkan tubuh.

Itu tadi beberapa tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik. Semoga bermanfaat!

Ning S