penjualan baju baju
Menjelang Idulfitri, masyarakat Kot Magelang dan sekitarnya mendatangi toko-toko pakaian untuk keperluan berlebaran. Foto: W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sepekan menjelan hari  raya Idulfitri 1444 Hijriah, penjualan baju baru di Pasar Rejowinangun Kota Magelang mengalami peningkatan.

“Penjualan baju baru ini lebih banyak dibandingkan lebaran saat pandemic covid-19 dua tahun lalu,” kata pada Riana, pegawai toko baju ” Vale Fashion” Pasar Rejowinangun Kota Magelang, Jumat ( 14/4/2023).

Riana mengatakan, setelah pandemic covid-19 mulai mereda,  banyak masyarakat mendatangi toko yang dijaganya, untuk keperluan membeli baju  baru menjelang lebaran.

“Pada Lebaran tahun lalu juga sudah ramai dan banyak pembeli dan semoga hal serupa juga terjadi pada tahun ini. Sedangkan, saat masih adanya pandemic, pembelian baju sangat menurun,” katanya.

Ia menambahkan, ramainya pembeli baju baru tersebut terjadi sejak dua minggu terakhir, sehingga pendapatan dari usaha pakaian jadi  tersebut mengalami peningkatan yang cukup lumayan,

Menurutnya, banyaknya pembeli baju baru di toko baju yang dijaganya tersebut, menjadikan pemasukan keuangan mengalami peningkatan dibandingkan pada hari-hari biasa.

Riana menjelaskan, pada hari –hari biasa pemasukan keuangan yang didapatkan dari penjualan baju anak-anak di tokonya tersebut hanya  mencapai sekitar Rp 1 juta lebih. Namun, menjelang lebaran ini, pendapatannya bisa mencapai R 5 juta setiap harinya.

Menjelang lebaran ini, pihaknya sengaja membuka toko baju tersebut lebih lama dibandingkan dengan hari-hari biasa. Yakni,buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB atau bisa lebih malam.

“ Kalau hari biasa , toko buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan, menjelang lebaran ini tutupnya agak malam,” ujarnya.

Selain itu, untuk memenuhi permintaan dari para calon pembeli, pihaknya juga menambah persedian baju-bajunya. Yakni, sebanyak 50 hingga 100 buah baju setiap harinya.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Vanya mengaku, dirinya sengaja memilih membeli baju untuk anaknya di Pasar Rejowinangun, karena kualitas barangnya tidak kalah jauh berbeda dengan toko-toko baju yang besar.

“ Untuk harga baju baru di Pasar Rejowinangun ini sangat terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan di toko-toko baju yang besar. Selain itu, kualitasnya tidak jauh berbeda,” katanya.

Ia menambahkan, pembelian baju di Pasar Rejowinangun tersebut selain murah harganya, juga banyak coraknya sehingga memudahkan untuk memilih sesuai dengan seleranya. W. Cahyono