Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi (tengah) menyampaikan sambutan pada sosialisasi dan evaluasi Dapil Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Pemilu 2024.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Kamis petang (13/4), menggelar sosialisasi dan evaluasi penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil). Pada Pemilu 2024 nanti, dibagi dalam 5 Daerah Pemilihan (Dapil) untuk 50 kursi Anggota DPRD Wonogiri.

Acara ini dibuka oleh Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, didampingi Anggota KPU Wahyu Nurjanah, Augustina Puspa Dewi dan Prasetyo serta Sekretaris KPU Sigit Purwadi. ”Untuk pembagian Dapil sama dengan Pemilu 2019 lalu,” jelas Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo Adi.

Penetapan 5 Dapil untuk 50 Anggota DPRD Wonogiri, tandas Toto, telah melalui proses panjang dan dilakukan secara komprehensip dengan mempertimbangkan pula aspek pemerataan, dampak sosial dan ekonomi.

Wonogiri, kabupaten yang terdiri atas 25 kecamatan, dalam Pemilu 2024 pembagian 50 kursi tersebut terdiri atas Dapil-1 (Kecamatan Eromoko, Wuryantoro, Manyaran, Selogiri dan Wonogiri) sebanyak 11 kursi, Dapil-2 (Kecamatan Nguntoronadi, Ngadirojo, Sidoharjo, Jatipurno dan Girimarto) sebanyak 10 kursi.

Dapil Jateng

Kemudian untuk Dapil-3 (Kecamatan Kismantoro, Purwantoro, Bulukerto, Slogohimo dan Puhpelem) sebanyak 10 kursi, Dapil-4 (Kecamatan Batuwarno, Jatiroto, Jatisrono, Karangtengah dan Tirtomoyo) sebanyak 10 kursi, Dapil-5 (Kecamatan Baturetno, Giritontro, Giriwoyo, Paranggupito dan Pracimantoro) sebanyak 9 kursi.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kesbangpol Rahmat Imam Santosa, para Pimpinan Parpol, Bawaslu, Pimpinan Ormas Keagamaan, Pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), awak media, Komunitas Gojek, Pegiat Medsos, Pimpinan Tim Penggerak (TP)-PKK.

Tampil menyampaikan paparan, Komisioner KPU Wonogiri Augustina Puspa Dewi dan Wahyu Nurjanah dengan moderator Paska Jatikusuma. Untuk DPRD Provinsi Jateng terbagi dalam 13 Dapil dengan jumlah 120 kursi. Kabupaten Wonogiri, Karanganyar dan Sragen masuk Dapil Jateng-4 dengan 10 kursi. Kemudian untuk keanggotaan DPR-RI, Jateng terdiri atas 10 Dapil dengan 77 kursi dan Wonogiri masuk dalam Dapil Jateng-4.

Anggota Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Isnawati Solehah, berharap, penetapan Dapil bersama proyeksi pembagian kursi Anggota Dewan, hendaknya dapat disosialisasikan kepada warga masyarakat. Utamanya kepada masyarakat pemilih sebagai konstituen Pemilu 2024.

Bambang Pur