blank
Ilustrasi muslim berobat ke Ida Dayak (Ida Dayak sedang melakukan pengobatan pada pasien). Foto: Screenshot Tik Tok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bolehkah muslim berobat ke Ida Dayak? Viralnya pengobatan yang dilakukan oleh Ida Dayak membuat banyak orang penasaran dan ingin mencobanya.

Dikutip dari Suara.com (kanal Youtube Al Bahjah TV), Buya Yahya tak menjelaskan secara rinci tentang boleh atau tidaknya umat muslim berobat ke Ida Dayak, namun ia menekankan tentang rambu-rambu pengobatan.

Dalam Islam, ada beberapa aturan yang menjelaskan tentang rambu dalam pengobatan. Salah satunya, umat muslim boleh saja berobat pada orang non-muslim selama itu berkaitan dengan keahlian.

“Jika itu pengobatan yang sifatnya mengandalkan keahliannya, maka hal itu bukan sekadar boleh, memang kita diajarkan, diperintahkan untuk bertanya pada orang yang punya keahlian,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya yang mempunyai nama KH Yahya Zainul Ma’arif ini menegaskan, umat muslim boleh pergi ke dokter non-muslim selama pengobatan itu berkaitan erat dengan keahlian, bukan keyakinan tertentu.

Ia mengatakan, seorang muslim yang sakit gigi, sah-sah saja berobat kepada dokter gigi yang agamanya bukan Islam. “Tapi kalau dihubungkan dengan suatu keyakinan maka ini kisahnya berbeda,” tandasnya.

“Misalnya, orang tersebut dengan keyakinannya minta pada yang diyakini untuk menyembuhkan. Maka kamu tidak boleh datang, karena bisa saja istidraj,” ujar Buya Yahya.

Buya Yahya menjelaskan, pengobatan yang dihubungkan dengan keyakinan orang lain justru berbahaya, karena jika diberi kesembuhan, sewaktu-waktu pasien bisa berubah keimanannya.

Kesimpulan penjelasan Buya Yahya adalah seorang muslim boleh berobat pada orang non-muslim yang memiliki keahlian tertentu, asalkan tidak menghubungkan pengobatan ini dengan keimanan orang yang menyembuhkan.

Buya Yahya memberi ilustrasi, seseorang datang berobat pada ahli A yang meminta kesembuhan pada pohon pisang, maka ketika sakitnya disembuhkan, orang yang berobat itu bisa saja kemudian beriman pada pohon pisang.

“Tapi kalau sudah ‘saya akan minta kepada Tuhan saya namanya pohon pisang semoga engkau sembuh’, nggak boleh kita datang. Sembuh betulan kita beriman kepada pohon pisang,” tegas Buya Yahya.

Itu tadi penjelasan Buya Yahya terkait muslim yang berobat ke Ida Dayak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ning S