JEPARA (SUARABARU.ID) – Mbah As Monah (60), warga RT 13 /RW 2 Dukuh Telahap, Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan sungguh terkejut dan sedih. Sebab ketika Jumat (7/4-2023) lalu ia harus menjalani opname di RSI Sultan Hadlirin Jepara karena penyakit yang dideritanya, ia mendapatkan informasi dari petugas bahwa Kartu Indonesia Sehat yang dimilikinya sudah tidak aktif.

Padahal nenek dua orang cucu ini menderita penyakit jantung, sesak nafas dan usus buntu. Sedangkan suaminya pergi meninggalkan Mbah As Monah sekitar 3 tahun lalu. Karena itu sejak Februari 2020 ia tinggal dirumah anaknya, Yuli Ratna Sari di Bulungan RT 9 / RW 03, Kecamatan Pakis Aji. Namun Mbah As Monah masih di Desa Kecapi.

Bukan hanya itu, ia juga tidak lagi mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, termasuk bantuan beras dan uang tunai “Sebab informasinya Ibu saya sudah meninggal dunia satu tahun yang lalu. Menurut orang yang dipasrahi membagi sembako, informasi itu diperoleh dari admin desa Kecapi,” ujar Yuli Ratna Sari.

As Monah kini hanya berharap, walaupun Selasa (11/4-2023) sudah boleh pulang dari rumah sakit, semoga Bapak Pj Bupati Jepara bersedia membantu menguruskan kartu KIS dan bantuan sosial dari pemerintah yang sudah dihentikan karena ia dianggap sudah meninggal dunia.

Hadepe