Truk berplat nomor G 1986 CD yang menangkut kayu gergajian ini, diduga sebagai pemicu terjadinya tabrakan karambol yang terjadi di timur Jembatan Juranggempal, Wonogiri.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tabrakan karambol yang melibatkan 4 kendaraan bermotor, Sabtu pagi (8/4), terjadi di Kilometer 1,01 ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim). Tepatnya di timur Jembatan Juranggempal, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Empat kendaraan bermotor yang terlibat tabrakan karambol tersebut, terdiri atas sebuah truk pengangkut kayu gergajian, truk head tractor, mobil Angkutan Kota (Angkot) dan truk pengangkut semen. Pohon peneduh jalan di sisi utara tumbang dan muatan kayu gergajian tumpah. Demikian pula sebagian muatan semen ada yang berceceran di permukaan jalan.

Tidak ada korban tewas dalam kecelakaan karambol tersebut. Hanya disebutkan, seorang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit, yakni sopir mobil Angkot berplat nomor AD 1027 G. ”Saya tiba di lokasi, korban sudah diangkut ke rumah sakit,” jelas Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Rochmadi.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kecelakaan, menyebutkan, lokasi kecelakaan berada di depan SMK Pancasila V (SMEA Nusantara) Wonogiri. Pagi itu meluncur truk pengangkut kayu berplat nomor G 1986 CD dari arah timur yang dikemudikan Tarko (32) warga Pageraji, Cilongok, Banyumas. Diduga karena ngantuk, laju truk nyosor ke sisi kanan jalan.

Sementara dari arah berlawanan meluncur beriringan truk tractor head G 8192 OD yang dikemudikan Nurochman (48) warga Demangharjo, Warureja, Tegal, mobil Angkot dan truk pengangkut semen. Tabrakan terjadi antara truk pengangkut kayu dengan truk tractor head. Truk pengangkut kayu terhempas ke sisi kanan jalan dan menabrak turus jalan (pohon peneduh jalan).

Beriringan

Mobil Angkot yang melaju beriringan dari arah barat membentur truk tractor head di depannya. Kemudian truk pengangkut semen yang posisinya di belakang mobil Angkot, direm mendadak dan berdampak muatan semennya ada yang berhamburan ke jalan.

Tim Damkar Pemkab Wonogiri pimpinan Kepala UPTD Damkar Joko Santosa, memberikan bantuan penanganan ke lokasi kecelakaan. Termasuk membersihkan tumpahan semen di jalan dengan cara disemprot air dari mobil brandweer.(Dok.Damkar Wonogiri)

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, datang ke lokasi untuk memberikan bantuan penanganan. Bersama Regu I Damkar Pimpinan Parno yang piket, dilakukan penanganan di tempat kejadian.

Datang pula Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Wonogiri pimpinan Sekretaris BPBD Rochmadi, ikut memberikan bantuan penanganan. Termasuk melakukan pemotongan pohon peneduh jalan yang tumbang, dan menyingkirkan muatan kayu gergajian yang tumpah berhamburan.

Mobil brandweer didatangkan ke lokasi, untuk melakukan penyemprotan permukaan badan jalan yang tertutup hamburan serbuk Portland Cement (PC) tumpahan dari truk yang mengangkutnya.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kasatlantas AKP Maryono melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, sopir Angkot yang luka diidentifikasi bernama Biyanto (59) warga Cawas, Klaten.

Bambang Pur