blank
Pj Bupati Jepara bersama jajaran Forkopimda ziarah ke makam-makam leluhur Jepara jelang Hari Jadi Jepara. (Foto: Yosef)

JEPARA (SUARABARU.ID)- Hari jadi Jepara yang akan jatuh pada 10 April 2023 akan menandai usia Kota Jepara yang ke- 474. Hal ini Sesuai dengan candrasengkala penobatan Ratu Kalinyamat sebagai pemimpin Jepara pada tahun 1549.

blank
Saat ziara di makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin.

Tradisi ziarah ke makam sesepuh dan leluhur kota Jepara dillakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Sabtu (8/4/2023). Bersama dengan jajaran Forkopimda, Edy Supriyanta melakukan safari ziarah diantaranya makam leluhur yang berada di kompleks makam keluarga Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin, di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan.

blank
Kompleks makam Auliya Daeng.

Dalam rangkaian ziarah ke makam-makam leluhur, usai dari Makam Mantingan, Edy Supriyanta melanjutkan berziarah ke makam Habib Muhammad bin Syekh bin Abdurrahman bin Yahya atau Mbah Daeng. Itu berlokasi di pemakaman Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan.

Beberapa makam leluhur Jepara lain juga turut diziarahi oleh Penjabat Bupati pada kala itu. Meliputi makam Sayyid Abu Bakar Al Hadad atau Mbah Panggang, letaknya berada di kompleks Musala Nurul Iman Kelurahan Panggang. Lalu, makam Pangeran Syarif di kompleks pemakaman Kelurahan Saripan.

Edy Supriyanta pun tak ketinggalan sowan ke tujuh makam pendahulu bupati Jepara. Yakni Adipati Tjitrosomo I, III — 7 di Makam Ki Adipati Tjitrosomo, Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan. “Semoga Jepara menjadi lebih bagus dan masyarakatnya makmur semua. Harapannya pilkada besok berjalan dengan aman dan kondusif,” tutur Edy.

Bagitu pula ziarah ke makam Adipati Tjitrosomo II atau Ki Ngabehi Sumowijoyo. Lokasinya berada di Makam Gedong, Kelurahan Bapangan. Di kompleks makam ini, Penjabat Bupati menyempatkan diri menziarahi makam keluarga maupun kerabatnya. Terletak di belakang bangun makam Tjitrosomo II. Doa dipanjatkan di sisi makam R. Ali Soeparto, eyang Edy Supriyanta.

Setelah serangkaian acara ziarah ke makam leluhur, dan prosesi penggantian luwur, peringatan Hari Jadi Jepara tahun ini dilanjut upacara bendera pada Senin, 10 April 2023. Upacara tersebut bertempat di Alun-Alun Jepara I, dimulai sekira pukul 16.00.

ua/diskominfo