blank
Foto bersama kegiatan MoU antara UKSW bersama Czech University of Life Sciences Prague (CZU) Ceko. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Kerja sama luar negeri yang dimotori Direktorat Kerja Sama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) semakin melebarkan sayapnya dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) bersama Czech University of Life Sciences Prague (CZU) Ceko, baru-baru ini.

Kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya diadakan UKSW bersama CZU yang diinisiasi oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) melalui tawaran kerja sama oleh CZU.

Hal ini diungkap Kepala Bagian Kerja Sama Direktorat Kerja Sama UKSW, Ardiyarso Kurniawan, M.Hum., saat ditemui di ruang kerjanya.

Ardiyarso menuturkan, kerja sama ini melibatkan 4 fakultas di UKSW yaitu FKIK, Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK), serta Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Jalinan kolaborasi ini diresmikan dengan penandatanganan MoU secara langsung oleh Wakil Dekan Faculty of Engineering CZU, Prof. Ing. David Herák, Ph.D. Sementara itu, dari pihak UKSW ditandatangani oleh Dekan FKIK Ir. Ferry F. Karwur, M.Sc., Ph.D., Dekan FPB Dr. Ir. Bistok Hasiholan Simanjuntak, M.Si., Dekan FTEK Darmawan Utomo, S.T., M.Eng., Ph.D., serta Dekan FTI Prof. Ir. Daniel Herman Fredy Manongga, M.Sc., Ph.D.

Penandatangan MoU juga disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM (AFHEA)., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dan Direktur Direktorat Kerja Sama Dian Toar Getroidester Sumakul, S.Pd, M.A., serta pimpinan fakultas lainnya.

Perluas kerja sama luar negeri

Ardiyarso mengatakan, kerja sama UKSW dengan CZU meliputi pertukaran mahasiswa dan staf akademik, joint research, seminar dan pertemuan akademik, pertukaran informasi dan kurikulum, serta publikasi.

Twinning program juga menjadi bagian dari kerja sama yang akan dilakukan UKSW dengan CZU bagi staf atau dosen yang ingin menempuh studi S2 dan S3,” terangnya.

Menurut Adiyarso, kerja sama ini semakin memperluas UKSW dengan universitas di luar negeri. “Dengan kerja sama yang terjalin dengan universitas di Ceko ini, secara global UKSW semakin diperluas di berbagai negara,” tuturnya.

Sementara itu Prof. Ing. David Herák, Ph.D., menyambut baik kerja sama yang terjalin antara UKSW dan CZU.

Sementara itu Wakil Rektor KK mengungkapkan kerja sama UKSW dan CZU adalah kesempatan bagi UKSW untuk membangun kemitraan dan kolaborasi serta memperluas jaringan secara global. “Kerja sama ini merupakan salah satu upaya percepatan internasionalisasi setelah UKSW meraih akreditasi unggul,” tegasnya.

Dijelaskan bahwa salah satu kerja sama konkrit yang akan dikerjakan adalah pertukaran mahasiswa dan staf untuk mempelajari smart or precision agriculture. 

“Teknologi pertanian di sana sangat canggih, mulai dari pemetaan dan persiapan lahan, pembibitan, penuaian, pengelolaan dan distribusinya sangat baik, sehingga UKSW akan mengirimkan mahasiswa dan stafnya untuk belajar di sana,” pungkasnya.

Ning S