blank
Suasana aktivitas di salah satu stasiun wilayah Daop 4 Semarang. Foto: Dok/KAI

Cara tersebut selain menyiagakan tim personil lapangan khusus, juga menyediakan alat dan material yang ditempatkan tersebar di tempat-tempat strategis sepanjang jalur kereta api. Hal ini bertujuan jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

2. Sehat dan nyaman
Meskipun kondisi Covid-19 sudah membaik, KAI tetap menjalankan kebijakan protokol kesehatan untuk menjamin perjalanan mudik masyarakat tetap sehat, aman, dan nyaman, dengan mewajibkan pelanggan sudah divaksin dosis ketiga (booster). Hal ini sesuai dengan SE Menteri Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

“KAI tetap berkomitmen untuk terus mengikuti ketentuan dari pemerintah dalam memberikan layanan transportasi yang sehat kepada seluruh pelanggan baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan,” kata Ixfan.

3. Tepat waktu
Ketepatan waktu merupakan poin yang sering kali masyarakat rasakan saat menggunakan kereta api. Kereta api adalah moda transportasi yang bebas macet dan tepat waktu untuk mengantarkan pelanggan bertemu keluarga serta kerabat dengan lebih cepat. Bahkan on time performance KAI saat ini adalah 99,6%.

KAI secara bertahap terus meningkatkan waktu tempuh kereta api melalui perbaikan prasarana. Hasilnya kereta api dapat mencapai kecepatan hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, keselamatan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama.

4. Aksesibilitas
Stasiun-stasiun yang dimiliki KAI menjangkau banyak kota, kabupaten, bahkan kecamatan yang mungkin belum bisa diakses oleh moda transportasi lain. Selain itu banyak juga stasiun yang menawarkan akses naik dan turun langsung di pusat kota.

5. Perjalanan anti stres
Salah satu keunggulan perjalanan menggunakan kereta api yaitu pemandangan yang begitu memukau di sepanjang jalur berupa hutan, pegunungan, pematang sawah, sungai, jembatan, terowongan, bahkan pantai dapat dinikmati pelanggan. Pelanggan dapat memilih jenis kereta sesuai kebutuhan seperti ekonomi, bisnis, ekskutif, luxury, hingga panoramic.

Pelanggan tidak perlu takut kehabisan baterai smartphone karena tersedia colokan listrik di tempat duduk masing-masing. Bagi pelanggan yang suka kuliner, wajib merasakan sensasi kuliner di atas kereta api karena selalu menyajikan hidangan yang fresh dan nikmat. Naik kereta tidak akan membuat bosan dan stres.

KAI terus meningkatan pelayanan beradaptasi dengan keinginan pelanggan melalui berbagai inovasi, khususnya pada Angkutan Lebaran 2023. Beberapa fasilitas layanan tambahan juga KAI sediakan untuk para pelanggan di antaranya pemberian takjil, penyediaan drinking water dan pojok baca di beberapa stasiun, serta pemberian doorprize & merchandize for kids.

Hal ini dilakukan agar dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan dan menyenangkan bagi masyarakat. “KAI berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran 2023 nanti dengan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,” pungkas Ixfan.

Ning S