Menyongsorng Trihari Suci Paskah 2023, jajaran TNI-Polri di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, melakukan sterilisasi gereja.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk menjamin keamanan Umat Kristinai dalam merayakan Paskah Tahun 2023, jajaran TNI-Polri di Koramil-04 Kodim 0728 Wonogiri dan Polsek Nguntoronadi Polres Wonogiri, melaksanakan tugas pengamanan di sejumlah gereja.

Seperti diketahui, dalam merayakan Paskah, umat Kristiani akan menjalankan ritual Trihari Suci, yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci atau tiga hari suci Paskah. Trihari Suci diawali dengan Misa pada Kamis Putih (6/4), dirangkai dengan Jumat Agung (7/4) dan Sabtu Suci (8/4) serta dilanjut dengan perayaan Paskah dengan ibadah pada Minggu (9/4).

Pengamanan Gereja di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, dilakukan oleh Anggota Koramil-04/Nguntoronadi Serda Pardiman, bersama dengan personel Polsek Nguntoronadi Bripka Sularno.

Sebagaimana yang dilakukan di Gereja Santa Maria Takbernoda di Dusun Sengon, Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, pengamanan dilakukan sejak sebelum dilaksanakannya ibadah kebaktian Hari Paskah. Yakni dengan melaksanakan sterilisasi ruang kebaktian di dalam gereja dan di luar serta sekitar gereja. Sterilisasi dilaksanakan bersama petugas gereja.

Danramil-04 Nguntoronadi Kapten (Inf) Budi Utama melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, Senin (3/4), menyatakan, pengerahan personel TNI-Polri untuk pengamanan geraja, bertujuan demi menciptakan situasi keamanan yang kondusif.

Yakni untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, agar Umat Kristiani yang melaksanakan kebaktian Trihari Suci dan merayakan Paskah berjalan aman, nyaman, damai, tenteram, serta terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bambang Pur