blank
Anggota Polres Blora, Aiptu Adi Tri Sukmoro bersama guru dan anak anak TPQ "Nurul Qur'an" di jalan KNPI gang Podang, RT.004, RW.005, Kelurahan Bangkle, Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Aiptu Adi Tri Sukmoro, Kanit Patroli Satuan Samapta Kepolisian Resor (Polres) Blora Polda Jawa Tengah, empat tahun sudah mendirikan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nurul Qur’an di wilayah Kelurahan Bangkle Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, sejak 2019.

Meski harus sibuk dalam melaksanakan tugas tugas Kepolisian, namun Aiptu Adi masih sempat untuk mengajar dan mengasuh santrinya di TPQ Nurul Qur’an di jalan KNPI gang Podang, RT 004, RW 005, Kelurahan Bangkle, Blora.

Setelah empat tahun mendirikan TPQ dengan modal uang dari kantung pribadi, yang berawal dari, hanya sembilan santri, saat ini santri di TPQ Nurul Qur’an yang dirikan Aiptu Adi Tri Sukmoro sudah berjumlah 95 orang dari usia anak anak hingga remaja dan dewasa.

Untuk diketahui, pendirian TPQ Nurul Qur’an ini adalah inisiasi dari Aiptu Adi Tri beserta istri, dan ternyata mendapat tanggapan positif dari warga sekitar tempat tinggal Aipda Adi Tri Sukmoro, akhirnya terbentuklah TPQ yang awalnya hanya sembilan santri.

Pengajian Ibu-Ibu

Adapun kegiatan di TPQ Nurul Qur’an saat bulan Ramadan ini meliputi Tadarus Al-Quran yang dilakukan setiap hari mulai dari pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Selain itu juga ada pengajian ibu ibu selama bulan Ramadan yang dilakukan pada Hari minggu pukul 10.00 WIB.

“Sampai saat ini seluruh santri berjumlah 95, dan para santri tersebut bukan dari Kelurahan Bangkle saja, santri mulai dari anak TK sampai dengan SMA, disini juga ada ibu-ibu yang berjumlah 40 orang rutin mengaji di hari Minggu,” ungkap Aiptu Adi Tri Sukmoro sambil bersih bersih di TPQ-nya. Sabtu, (1/4/2023).

Lanjut Aiptu Adi, guru TPQ Nurul Qur’an saat ini berjumlah 12 orang, yang digaji sebulan mulai kisaran Rp 200.000 sampai Rp 300.000 perbulan, karena di sini para santri, suka rela memberikan infaq dan itupun tidak semuanya.

“Alhamdulilah untuk gaji para guru Ngaji kita dibantu dari rekan rekan dari Polres Blora,” ucap Aiptu Adi Tri Sukmoro.