blank
Prof. Mustaqim, Gus Nung, Ning Hindun Anisah bersama PC. Pergunu

JEPARA (SUARABARU.ID|) – Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kab. Jepara menyelenggarakan Sarasehan Guru di kampus MTs-MA Miftahul Huda Bulungan pada hari Sabtu, 1 April 2023. Dalam sarasehan terrsebut mengemuka harapan agar kesejahteraan guru dapat ditingkatkan

Sarasehan tersebut digelar disamping sebagai ajang silaturahim, juga dalam rangka memperingati Harlah ke-71 Pergunu. Mengambil tema “Guru Mulia Membangun Peradaban Dunia”. Sarasehan tersebut dihadiri beberapa tokoh pendidikan, tokoh politik, dan para praktisi pendidikan

blank
Prof. Mustaqim sampaikan materi

Hadir dalam kegiatan tersebut Prof Dr Mustaqim, M.Pd (Wakil Syuriyah PCNU dan Ketua Dewan Pakar Pergunu Jepara), Hj. Hindun Anisah, MA (Dewan Pakar Pergunu Jepara dan Stafsus Menteri Ketenagakerjaan RI), H. Nuruddin Amin (Waket DPRD Jepara, Ketua LP Ma’arif NU Jepara, Ketua KKMI 02, KKMTs 02 dan KKMA 02), seluruh Pengurus Cabang dan Pengurus Anak Cabang Pergunu. Setidaknya 80 peserta memenuhi perhelatan tersebut.

Dalam sambutannya, mewakili PCNU Prof Mustaqim mengatakan guru adalah profesi mulia, dan ciri dari kemuliaan guru adalah ikhlas. Ia juga berpesan kepada para guru agar terus meningkatkan kompetensinya. “Guru harus berusaha berjuang meningkatkan kompetensinya. Pergunu harus memperbanyak diklat-diklat agar guru memiliki daya saing diera gen Z ini.” tegasnya.

Gus Nung, sapaan akrab Nurudin Amin, Wakil Ketua DPRD Jepara perihatin terhadap kesejahteraan guru swasta saat ini. ” Butuh keputusan politik dan Good Will bupati untuk meningkatkan kesejahteraan Guru swasta. Oleh karena itu, Pergunu harus bersatu jika ingin mewujudkan kesejahteraan tersebut. ” pesannya.

Sementara itu, Hj. Hindun Anisah menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat harus disentil agar memperhatikan nasib para guru. “Kesejahteraan guru harus disuarakan bersama-sama melalui berbagai pihak. Bisa melalui PBNU, Media, Organisasi guru, bahkan dapat melalui influencer. Selain itu guru juga harus bisa menunjukkan kualitas dan kompetensinya,” paparnya.

blank
Penyerahan Tumpeng dari Ketua Pergunu kepada Prof. Mustaqim

Achmad Makhali Ketua PC Pergunu Jepara mengajak para guru untuk bergabung dalam Pergunu dan berkhidmat melalui Pergunu. “Pergunu merupakan Organisasi Profesi yang diakui oleh pemerintah sama seperti PGRI, PGSI, dll. sehingga Guru-Guru NU tidak perlu ragu dan khawatir jika bergabung ke dalam Pergunu.” Tegasnya.

Acara peringatan Harlah ke-71 Pergunu ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Pergunu Jepara yang diserahkan kepada Prof Dr Mustaqim, M.Pd sebagai Ketua Dewan Pakar dan dilanjutkan dengan Buka bersama.

Hadepe – AM/Sub