blank
Ilustrasi masjid (arti Jumat Mubarok). Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa sebenarnya arti Jumat Mubarok atau Jumat Barokah? Istilah tersebut sering menghiasi timeline media sosial di Indonesia.

Bahkan setiap datang hari Jumat banyak warganet yang menggunakan timeline tersebut. Lalu apa arti dari Jumat Mubarok sendiri? Sebenarnya Jumat Mubarok artinya diambil dari bahasa Arab yang memiliki makna Jumat berkah.

Melansir dari Suara.com, begini penjelasan lebih lengkap terkait arti Jumat Mubarok dan keutamaannya bagi umat muslim. Simak yuk..

Jumat, di dalam agama Islam merupakan hari yang paling mulia. Di mana umat muslim dapat menjadikan Jumat sebagai hari khusus untuk memaksimalkan amal ibadah atau amal kebaikan, seperti ibadah sunnah, membantu sesama dan sedekah yang pahalanya akan dilipatkgandakan oleh Allah SWT.

Jumat disebut juga sebagai hari raya bagi umat Islam. Hal ini sesuai dengan salah satu hadits yang artinya:

“Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat slam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah).

Diceritakan Abu Lubanah al-Badri, Rasulullah SAW bersabda bahwa pemimpin dari seluruh hari dalam setiap Minggu yaitu hari Jumat. Menurut Rasulullah, Jumat merupakan hari paling mulia di sisi Allah SWT, bahkan kedudukannya lebih mulia dibandingkan dengan Idul Fitri dan Idul Adha.

Diriwayatkan Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadis, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada Hari Raya Kurban dan Hari Raya Idul Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Disebut Jumat Mubarok karena pada hari Jumat dikenal dengan hari raya yang berulang. Maka tidak diperbolehkkan bagi umat Islam untuk puasa khusus pada hari tersebut, tanpa didahului dengan puasa sebelum maupun sesudahnya supaya berbeda dengan Yahudi. Selain itu, agar tubuh menjadi kuat dan bertenaga untuk melaksanakan salat Jumat.

Maka tak heran jika setiap hari Jumat, umat Islam akan meramaikam media sosial dengan tagar Jumat Mubarok atau Jumat Berkah. Karena Jumat Mubarok artinya menyambut datangnya hari yang penuh kemuliaan.

Menurut Al Munawwir, berkah atau dalam bahasa Arab disebut barokah artinya yaitu nikmat. Sedangkan secara istilah, berkah (barokah) memiliki arto ziyadatul khair, yakni bertambahnya kebaikan. Sementara, menurut penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), berkah artinya karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Selain itu, para ulama juga menjelaskan mengenai arti berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan juga melimpah. Makna ini berlaku untuk berkah dalam hal material ataupun spiritual.

Amalan Sunnah di Hari Jumat

Adapun beberapa amalan yang disunnahkan untuk dikerjakan setiap hari Jumat antara lain yaitu:

1. Memperbanyak selawat Nabi Muhammad SAW

2.  Membaca Al-Quran khususnya surat Al-Kahfi

3.  Berpenampilan menarik, bersih, rapi dan memakai wewangian untuk salat Jumat (bagi laki-laki)

4. Bersiwak, memotong kuku, serta mencukur kumis

5. Berangkat sholat Jumat lebih awal (menyegerakan)

6. Memperbanyak zikir dan doa-doa

7. Membaca surat Yasin, Al-Waqiah dan As Saffat

8. Memperbanyak berbuat amal kebaikan, misalnya sedekah dan lainnya

Keutamaan Jumat Mubarok

Hari Jumat atau Jumat Mubarok memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Islam. Beberapa keutamaannya yaitu:

1. Pada saat hari Jumat, terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa atau waktu di mana Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Beberapa waktu tersebut dimulai dari dimulai dari duduknya imam sampai dengan pelaksanaan salat Jum’at.

2. Umat muslim yang menunaikan salat Jum’at sesuai dengan tuntunan adab maupun tata cara yang benar sesuai sunnah, maka dosa-dosanya yang terjadi pada Jum’at tersebut dengan Jum’at sebelumnya maka akan diampuni Allah SWT.

3. Di dalam hari Jumat terdapat keutamaan yang besar bagi umat muslim yang bersegera atau mendahulukan pergi ke masjid untuk salat Jum’at.

4. Hari Jumat merupakan hari berkumpulnya kaum Muslimin di dalam masjid-masjid untuk melaksanakan sholat Jumat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah Jum’at yang mengandung nasihat dan ajaran untuk menjadi lebih baik.

Itu tadi penjelasan Jumat Mubarok bagi umat muslim. Hari tersebut menjadi salah satu hari yang memiliki kedudukan paling mulia di sisi Allah SWT.

Ning S