blank
Suasana penjualan tiket di Stasiun Solo Balapan. Foto: dok/Daop6 Yk

SURAKARTA (SUARABARU.ID) –Tiket keberangkatan kereta api (KA ) Angkutan Lebaran periode 12 April sampai dengan 3 Mei 2023 di wilayah Daop 6 Yogyakarta baru terjual  160.466 tiket dari jumlah yang disediakan 333.576 lembar.

Meski tingkat penyerapan tiket Lebaran baru sekitar 48 persen dipastikan jumlahnya akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

“Relasi atau rute favorit sejauh ini yaitu Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta- Bandung, Yogyakarta-Surabaya, Solo-Jakarta, Solo-Bandung, Yogyakarta-Semarang, Yogyakarta-Malang dan lainnya. Daop 6 berharap berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam keterangan pers yang diterima suarabaru.id di Solo, Kamis (30/3/2023).

Untuk tanggal favorit keberangkatan KA dari stasiun wilayah Daop 6 setelah lebaran, lanjut Franoto Wibowo, diantaranya 25 April terjual 95 persen dan 26 April  92 persen serta 1 Mei 96 persen.

Sedangkan puncak kedatangan/arus mudik Angkutan Lebaran dengan kereta api, diperkirakan terjadi H-2 Lebaran atau 20 April 2023.

Guna memperlancar perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran 2023 berbagai persiapan dilakukan di antaranya rampcheck untuk memastikan Standar Pelayanan Minimum (SPM) tercapai.

Memastikan keandalan prasarana sarana, serta mempersiapkan SDM. Daop 6 juga memberikan tambahan fasilitas face recognition pada Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan agar proses boarding makin cepat dan praktis sehingga menghindarkan dari antrean panjang.

Harapannya penumpang KA di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan memanfaatkan fasilitas face recognition tersebut karena pendaftaran maupun penggunaannya sangat mudah dan cepat.

Kepada masyarakat diharapkan dapat merencanakan perjalanannya dan memanfaatkan waktu dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih tersedia.