blank
PANGKALAN - SBM I Tegal Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Mohammad Taufik Ridwan Lubis disela peninjauan pangkalan elpiji. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) memastikan stok dan penyaluran BBM, LPG pada Ramadan dan Idul Fitri 1444 H di wilayah Tegal Raya dalam kondisi aman.

“Kita sedang memasuki masa Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023. Pertamina sedang fokus untuk melakukan built up stock di terminal BBM dan SPBE juga lembaga penyalur baik BBM maupun Elpiji wilayah Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes,” kata
Sales Branch Manager (SBM) I Tegal Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Mohammad Taufik Ridwan Lubis di sela peninjuan pangkalan elpiji di Jalan Nakula Kota Tegal, Kamis (30/3/2023).

Taufik memastikan, gas elpiji di pangkalan stok tetap tersedia dan terjaga. Tipikal elpiji menurut Taufik berbeda dengan BBM, karena aktifitas masak memasak sudah dimulai dari H-2 sebelum puasa. “Kita sudah prediksi dan antisipasi kenaikan mencapai 4 persen selama masa Ramadhan dan Idul Fitri. Jadi pasokan 4 persen dapat terpenuhi selaman ramadan,” terang Taufik.

Apabila ditemukan adanya kelangkaan dan kekurangan stock, Pertamina memastikan akan melakukan ekstra droping atau dalam bentuk fakultatif untuk tambahan elpiji di wilayah Tegal dan Kabupaten Brebes.

Sementara Senior Supervisor Communciation and Relation Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Marthia Mulia Asri menyampaikan, guna mendukung penyaluran LPG bersubsidi sampai ke masyarakat yang berhak dan sebagai upaya pendistribusian LPG Subsidi 3 Kg yang lebih tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga melakukan uji coba pencocokan data dan transaksi digital LPG 3 Kg.

Uju coba mulai 1 April 2023 di sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg di empat kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Salatiga, dan Kota Tegal. “Untuk pembeli elpiji 3 Kg di pangkalan dengan membawa KTP dan KK nanti akan didaftarkan di aplikasi My Pertamina,” ujar Marthia.

Tujuan program ini adalah sebagai upaya pendistribusian LPG Subsidi 3 Kg yang lebih transparan dan tepat sasaran. Pencocokan data digital akan membantu pencatatan di pangkalan sehingga penyaluran LPG 3 Kg lebih akuntabel.

Marthia menyampaikan, saat ini rata-rata harian penyaluran LPG di wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal adalah 215 MetricTon (MT) per hari, kemudian untuk BBM Gasoline 455 Kiloliter (KL) per hari dan BBM Gasoil 269 Kiloliter (KL) per hari.

“Kami senantiasa memastikan sarfas Fuel Terminal dan Depot LPG beroperasi secara normal dan optimal dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi energi pada Ramadhan,” terangnya.

Nantinya jelang Hari Raya Idul Fitri, Pertamina akan kembali menyiagakan Satuan Tugas (satgas) yang akan dimulai pada tanggal 10 April hingga 2 Mei 2023 untuk memastikan kehandalan pelayanan distribusi dan pasokan di masa libur lebaran.

Sutrisno